Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat: Harus Ada Strategi untuk Atasi Tantangan Sektor UMKM

Selasa, 20 Februari 2024 – 18:03 WIB
Lestari Moerdijat: Harus Ada Strategi untuk Atasi Tantangan Sektor UMKM - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie. (Dok. Pribadi)

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menyoroti tantangan pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menurut dia, tantangan itu harus segera dijawab dengan langkah dan strategi yang tepat.

Hal itu dilakukan agar bisa mengakselerasi pertumbuhan di sektor ekonomi kerakyatan tersebut.

"Sejumlah tantangan di sektor UMKM nasional akan menjadi peluang untuk tumbuh bila kita serius dalam upaya mewujudkan berbagai langkah yang konsisten untuk menjawabnya," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/2).

Catatan Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia pada Agustus tahun lalu menyebutkan setidaknya ada empat tantangan sektor UMKM di Indonesia pada 2024.

Tantangan tersebut, yaitu mempertahankan UMKM dalam ekosistem digital, meningkatkan kapasitas, kualitas, dan produktivitas agar berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional.

Sebab, baru 25 persen UMKM Indonesia yang memiliki akses keuangan dan menerapkan proses ramah lingkungan dalam produktivitas mereka.

Menurut Lestari, pemanfaatan teknologi digital membuka peluang sektor UMKM untuk mengakselerasi pertumbuhannya lebih besar.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat meminta tantangan UMKM harus segera dijawab dengan langkah dan strategi yang tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close