Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Letusan Terdengar Hingga 5 Km

Jumat, 21 September 2012 – 02:24 WIB
Letusan Terdengar Hingga 5 Km - JPNN.COM
JAKARTA - Tidak sampai satu minggu, Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus pada Rabu (19/9) malam sekitar pukul 23.01 WITA. Letusan itu merupakan akumulasi dari gempa bumi vulkanik dalam dan dangkal yang terekam PVMBG Badan Geologi sejak pukul 18.00 hingga 22.20 WITA.

Menurut Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, letusan itu menunjukkan kalau Gunung Lokon belum menurunkan aktivitasnya. Meski pada Sabtu (15/5) sudah mengeluarkan lava pijarnya. "Untuk kesekian kali, gunung itu kembali meletus," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, letusan kali ini lebih kuat daripada sebelumnya. Dibuktikan dengan lontaran material letusan termasuk material pijar yang mencapai 1.500 meter dari Kawah Tompaluan. Dibandingkan dengan letusan Sabtu yang lontaran materialnya mencapai 600 meter ke udara.

Saking kuatnya letusan, membuat dentuman terdengar hingga jarak 5 km. Terus meningkatnya aktivitas membuat pemerintah mengeluarkan rekomendasi agar area sejauh 2,5 km dari gunung disterilkan dari aktivitas masyarakat. "Radius itu terhitung dari Kawah Tompulan, tapi sampai saat ini belum perlu evakuasi," imbuhnya.    

JAKARTA - Tidak sampai satu minggu, Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus pada Rabu (19/9) malam sekitar pukul 23.01 WITA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close