Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat Cara ini Pertamina Dinilai Akan Lebih Efisien dan Cepat Mengembangkan Bisnisnya

Jumat, 19 Juni 2020 – 14:36 WIB
Lewat Cara ini Pertamina Dinilai Akan Lebih Efisien dan Cepat Mengembangkan Bisnisnya - JPNN.COM
Kantor Pusat Pertamina. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat manajemen dan bisnis Universitas Cendrawasih, Ferdinand Risamasu menilai restrukturisasi dan reorganisasi di tubuh Pertamina membuat lebih efisien dan cepat dalam pengembangan bisnisnya. 

“Transformasi tersebut akan membuat Pertamina menjadi lebih efisien dan menekan operasional biaya tinggi. Kontrolnya juga lebih mudah,” kata Ferdinand, Jumat (19/6).

Menurut Ferdinand, restrukturisasi dan reorganisasi di tubuh Pertamina sudah tepat. Transformasi tersebut, lanjutnya, murni dilandaskan pada profesionalisme perusahaan.

Pada struktur perusahaan sebelumnya, dengan jumlah direksi banyak akan mempersulit pengawasan. Kebijakan yang disampaikan kepada anak perusahaan juga potensial menjadi bias.

Namun sekarang, direksi hanya tinggal memberi perintah kepada CEO subholding, dan subholding itulah yang menjalankan garis kebijakan Pertamina sehingga lebih terarah.

“Ini yang membuat Pertamina menjadi lebih lincah dan lebih cepat. Karena yang penting adalah kontrolnya. Pertamina sebagai holding bisa lebih fokus dalam menjaga garis kebijakan perusahaan,” kata dia.

Untuk itulah Ferdinand optimsitis restrukturisasi dan reorganisasi, akan justru akan memperkuat ketahanan energi nasional. Selain itu, juga membuat Pertamina bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan minyak dan gas kelas dunia.

“Pasti bisa. Apalagi, restrukturisasi dan reorganisasi tentu tidak lepas dari roadmap Pertamina sendiri,” kata Ferdinand.

Pertamina sebagai holding bisa lebih fokus dalam menjaga garis kebijakan perusahaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close