Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat Cara Ini TASPEN Tingkatkan Tata Kelola Kearsipan & Digitalisasi Layanan

Rabu, 21 Agustus 2024 – 22:15 WIB
Lewat Cara Ini TASPEN Tingkatkan Tata Kelola Kearsipan & Digitalisasi Layanan - JPNN.COM
PT Taspen (Persero). Ilustrasi. Foto: Dok. Taspen

jpnn.com, JAKARTA - PT TASPEN berkomitmen memberikan kemudahan pelayanan kepada para peserta dengan meningkatkan tata kelola kearsipan yang baik melalui digitalisasi arsip yang terstruktur dan sistematis.

Sebagai salah satu upaya mewujudkan komitmen tersebut, TASPEN melakukan kegiatan Benchmarking Kearsipan kepada PT TIMAH Tbk pada Kamis (8/8), yang telah meraih akreditasi dengan kualifikasi Istimewa (AA) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada 2023.

Melalui kegiatan ini, TASPEN berupaya meningkatkan tata kelola kearsipan sehingga pengarsipan dapat dilakukan lebih efisien melalui digitalisasi, meningkatkan aksesibilitas, keamanan, dan ketahanan arsip, serta mengurangi biaya penyimpanan fisik dan perawatan dokumen.

“TASPEN meyakini proses pengarsipan merupakan elemen kunci untuk memastikan informasi yang diterima peserta akurat dan lengkap. Dengan belajar dari yang terbaik, TASPEN dapat secara langsung mengamati proses pengelolaan arsip, baik konvensional maupun digital di PT TIMAH Tbk, guna meningkatkan kualitas layanan kami dan memberikan kemudahan kepada seluruh peserta," ujar Plt. Corporate Secretary TASPEN, Pudiastuti Citra Adi.

Dalam kegiatan ini, perwakilan tim kearsipan TASPEN mengunjungi record center PT TIMAH Tbk untuk mempelajari proses dan sistem pengelolaan arsip yang diterapkan di sana.

Selain itu, diadakan juga sesi sharing dan demo aplikasi pengelolaan arsip PT TIMAH Tbk yang bernama Sadar Tertib Arsip Timah (START).

Diskusi mendalam juga dilakukan perihal tantangan-tantangan dan perkembangan teknologi kearsipan sebagai upaya untuk terus menyempurnakan digitalisasi arsip perusahaan.

“Unit Kearsipan PT TIMAH Tbk terus melakukan pembenahan dan penyesuaian dalam pengelolaan arsip agar keamanan dan keselamatan arsip tetap terjaga, sesuai dengan standar yang ditentukan oleh perka ANRI. Kami telah menerapkan arsip digital, dan dengan adanya akreditasi dari ANRI, kami wajib mengikuti semua standar yang ditetapkan, mulai dari pengelolaan, penyimpanan, pengawasan, hingga pembinaan," tutur Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT TIMAH Tbk, Anggi Siahaan.

Melalui kegiatan ini, TASPEN berupaya meningkatkan tata kelola kearsipan sehingga pengarsipan dapat dilakukan lebih efisien melalui digitalisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA