Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat FGD, Kementan Rumuskan Strategi Pengembangan & Pemasaran Durian Unggul Nasional

Kamis, 06 Juli 2023 – 11:30 WIB
Lewat FGD, Kementan Rumuskan Strategi Pengembangan & Pemasaran Durian Unggul Nasional - JPNN.COM
Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto (tengah) menunjukkan salah satu jenis durian unggul nasional. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Kementan

jpnn.com, PARIGI MOUTONG - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura merumuskan strategi pengembangan dan pemasaran durian unggul nasional dari berbagai daerah.

Hal ini dilakukan melalui penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) bersama para stakeholder terkait pertanian, perdagangan, karantina dan akademisi.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto menyampaikan Indonesia memiliki kekayaan sumber daya genetik durian unggulan dari berbagai daerah.

Menurutnya, kondisi tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai durian unggulan nasional.

Salah satu contohnya adalah durian varietas Klamunod dari Kabupaten Bangka Barat yang dapat ditetapkan sebagai durian unggulan nasional lantaran memiliki keunggulan dari segi rasa, warna daging buah, dan memiliki daya adaptasi yang tinggi.

"Durian kita kini merajai pasar domestik. Kita bombardir China dan Thailand dengan ekspor durian. Ini kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia, kalau nusantara sangat jaya dengan berbagai varietas durian,” ujar Dirjen Prihasto melalui keterangan resminya, Kamis (6/7).

Untuk memenuhi permintaan pasar terutama ekspor, kata Dirjen Prihasto, diperlukan 3 K + 1 K yang terdiri dari kuantitas, kualitas, kontinuitas dan kepercayaan.

Karena itu, lanjut dia, daerah yang memiliki durian yang telah dilepas maupun belum yang berpotensi pasar diharapkan dapat melaksanakan strategi pengembangan.

Kementan melalui Ditjen Hortikultura merumuskan strategi pengembangan dan pemasaran durian unggul nasional dari berbagai daerah lewat kegiatan FGD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close