Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lihat Elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies di Survei SMRC, Ada yang Turun

Sabtu, 13 Mei 2023 – 07:03 WIB
Lihat Elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies di Survei SMRC, Ada yang Turun - JPNN.COM
Elektabilitas Ganjar Pranowo pada survei SMRC melampaui Prabowo dan Anies. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Ganjar Pranowo dalam survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) makin menjauhi dua rivalnya di Pilpres 2024, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dalam survei terbaru SMRC, elektabilitas Ganjar melampaui Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sesama bakal Capres 2024.

"Dalam simulasi tertutup itu, Ganjar menempati posisi pertama dengan elektabilitas 39,2 persen," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam pemaparan secara daring di Jakarta, Jumat (12/5).

Sementara, elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo sebesar 32,1 persen dan eks gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 19,7 persen.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo adalah bakal capres yang telah diusung PDI Perjuangan dan PPP, sedang Prabowo Subianto bersama Partai Gerindra dan PKB, dan Anies diusung Partai NasDem, Demokrat, dan PKS.

Deni juga mengungkap bahwa dalam dua tahun terakhir, dari Mei 2021 ke Mei 2023, dukungan kepada Ganjar naik dari 25,5 persen menjadi 39,2 persen.

Sementara, untuk periode yang sama, elektabilitas Prabowo cenderung stagnan dari 34,1 persen menjadi 32,1 persen, dan Anies cenderung menurun dari 23,5 persen menjadi 19,7 persen.

Menurut Deni, dukungan kepada Ganjar dalam sebulan terakhir terus menguat setelah dideklarasikan sebagai capres oleh PDI Perjuangan.

Survei SMRC terbaru mengungkap elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Jangan kaget melihat angkanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close