Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lima Gunungan Direbut Ratusan Orang

Sabtu, 27 Oktober 2012 – 08:42 WIB
Lima Gunungan Direbut Ratusan Orang - JPNN.COM
JOGJA - Di Jogjakarta, tradisi Grebeg Besar juga dilaksanakan kemarin. Sekitar pukul 10.00 lima gunungan memasuki pelataran Masjid Gede. Masyarakat dan wisatawan sudah menunggu berjam-jam.

Lima gunungan itu adalah gunungan kakung, putri, gepak, pawuhan, dan darat. Terdiri atas hasil bumi seperti sayuran dan buah-buahan serta makanan yang sudah dibungkus, yang berisi nasi dan lauk.

Gunungan digiring 10 bregodo prajurit Keraton Jogjakarta. Sebelumnya, dilaksanakan upacara di Alun-Alun Utara yang ditandai dengan salvo ke udara. Baru setelah itu, gunungan dibawa ke halaman Masjid Gede untuk didoai para abdi dalem punokawan kaji.

Doa belum selesai, seorang pria langsung lompat ke gunungan kakung dan merebut kacang panjang yang berlimpah. Lalu, kacang panjang itu dia lemparkan kepada orang-orang yang juga berdesak-desakkan untuk mendapatkan gunungan.

JOGJA - Di Jogjakarta, tradisi Grebeg Besar juga dilaksanakan kemarin. Sekitar pukul 10.00 lima gunungan memasuki pelataran Masjid Gede. Masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close