Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lima Langkah BI Amankan Rupiah

Selasa, 14 Oktober 2008 – 17:28 WIB
Lima Langkah BI Amankan Rupiah - JPNN.COM
JAKARTA - Bank Indonesia mengambil lima langkah kebijakan untuk menjaga kecukupan likuiditas valuta asing dan rupiah di dalam negeri. Gubernur Bank Indonesia, Boediono mengatakan bahwa kebijakan pelonggaran likuiditas valuta asing dan rupiah merupakan upaya untuk menjaga stabilitas nilai rupiah terhadap dolar.

"Bank Indonesia merasa perlu mengambil langkah antisipatif untuk menjaga likuiditas valuta asing dan rupiah," kata Boediono sore ini dalam konferensi pers di gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa, (14/09).

Selama ini, katanya, Bank Indonesia telah melakukan intervensi dengan membeli rupiah di pasaran sehingga harga rupiah tidak terlalu tertekan terhadap nilai dolar. Bank Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yang lebih kreatif untuk mengamankan nilai rupiah di pasaran.

Adapun lima langkah yang dikeluarkan BI antara lain pertama, BI memperpanjang tempo peminjaman mata uang asing (foreign exchange) terutama USD dari paling lama 7 hari menjadi sampai 1 bulan mulai 15 Oktober 2008. Kedua, menyediakan pasokan valuta asing bagi perusahaan domestik melalui perbankan berlaku efektif 15 Oktober 2008.

JAKARTA - Bank Indonesia mengambil lima langkah kebijakan untuk menjaga kecukupan likuiditas valuta asing dan rupiah di dalam negeri. Gubernur Bank

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA