Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lima Pesawat Antar Jenazah

Senin, 30 Juni 2008 – 10:32 WIB
Lima Pesawat Antar Jenazah - JPNN.COM
Evakuasi korban jatuhnya pesawat Cassa 212-100 TNI Angkatan Udara di Hutan Tegal Lilin kaki Gunung Salak Desa Cibitung Kecamatan Tenjolaya Bogor. Foto: SARI/RADAR BOGOR
JAKARTA - Seluruh proses evakuasi korban pesawat Cassa 212-A2106 selesai tadi malam. Lima pesawat terbang dari Lanud Halim Perdanakusumah silih berganti mulai pukul 21.00 Minggu malam (29/6). Sebagian keluarga juga ikut serta mendampingi jenazah.

    Empat pesawat Hercules dari Skuadron 31 membawa jenazah menuju Malang (Mayor Arjianto, Kapten Agung P, Kapten Doni W, Pelda Agus), Jogjakarta ( Kol. A Sulaksono), Solo ( Lettu Bambang Tri) , dan Madiun ( Mayor Susika). Satu pesawat CN-235 terbang menuju Lanud Husein Sastranegara Bandung membawa jasad Lettu Ronald Fuar dan Letkol Wahyu Hidayat . Sebenarnya ada satu pesawat CN 235 yang dipersiapkan untuk membawa Lettu Febby menuju Cirebon. Namun, karena tidak ada fasilitas pendaratan malam hari, jasad Febby dibawa melalui jalan darat.

    Tadi malam, dua korban yakni Kol AS Jafara dan Letkol Supriyadi juga langsung dimakamkan di taman makam pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Usai disalatkan di masjod Shiratun Nur, jenazah dibawa dengan ambulance.  Pemakaman usai sekitar pukul 22.00.

    Sebelum diberangkatkan, dilakukan upacara pelepasan jenazah di hanggar Skadron 17 Halim  Perdanakusumah. Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Subandrio menjadi inspektur. ”Kami sampaikan bela sungkawa dari Bapak Presiden dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian para korban dalam tugas negara,” katanya dalam sambutan pelepasan. Tampak hadir dalanm upacara Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, Ketua Komisi I Theo L Sambuaga, mantan panglima TNI Marsekal ( purn) Djoko Suyanto dan mantan KSAU Marsekal (purn) Chappy Hakim.

    Para anggota keluarga yang sudah menunggu sejak Jumat lalu tampak tabah. Saat jenazah satu demi satu dibawa menggunakan ambulan dari RS Pusat Halim Perdanakusumah, beragam ekspresi ditunjukkan. Putra Kol A Sulaksono misalnya, yang langsung bersujud dan mencium karangan bunga berwujud salib di depan peti jenazah ayahnya. Ibu Mayor Susika, Murtik, langsung menciumi peti dan foto almarhumah yang merupakan satu-satunya korban perempuan itu.

    Jenazah memang tidak berurutan ke hanggar tempat upacara pemberangkatan dilangsungkan. Setelah diterbangkan bertahap dari Bukit Psir Gaok,  Tenjolaya, Bogor dengan helikopter Super Puma dan dua helikopter Bolco, para korban diidentifikasi dulu di RS Pusat AU komplek Halim. Proses identifikasi yang berlangsung sejak pukul 15.00 itu tertutup untuk difoto wartawan. ”Itu atas permintaan keluarga para korban,” ujar Kepala Penerangan Lanud Halim Mayor Ernes DJ Fambrene.

    Upacara pelepasan berlangsung singkat. Begitu korban terakhir yang berhasil diidentifikasi Pelda Agus datang, upacara langsung dimulai. Acara tak lebih dari dua puluh menit. Pukul 20.10 tanpa tembakan salvo, jenazah diangkat bersamaan oleh personel Pasukan Khas TNI AU.  Diiringi genderang, peti dibawa menuju pesawat yang berada dalam posisi ready take off  (siap terbang).  Enam jenazah korban sipil dilepas bersamaan di RS Pusat AU oleh Wakil sisten Pengamanan KSAU.

    Usai upacara pemakaman, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Subandrio mengatakan pihaknya akan segera melakukan penyelidikan menyeluruh atas kecelakaan yang terjadi Kamis lalu itu. ”Nanti akan dicek oleh tim penyelidik dari Mabes AU,” ujarnya.

JAKARTA - Seluruh proses evakuasi korban pesawat Cassa 212-A2106 selesai tadi malam. Lima pesawat terbang dari Lanud Halim Perdanakusumah silih berganti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close