Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lokovasia 2023 Sukses Memunculkan Inovasi dan Pelestarian Musik Tradisi Indonesia

Senin, 20 November 2023 – 21:19 WIB
Lokovasia 2023 Sukses Memunculkan Inovasi dan Pelestarian Musik Tradisi Indonesia - JPNN.COM
Kemendikbudristek bekerja sama dengan Yayasan Musik SJ sukses menggelar rangkaian program Lokovasia 2023. Foto: dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Yayasan Musik SJ sukses menggelar rangkaian program Lokakarya Konservasi dan Inovasi Musik Tradisi Indonesia (Lokovasia) 2023.

Acara itu pun telah mencapai puncaknya pad a Minggu (19/11) dan sekaligus menandai keberhasilan besar dalam memajukan kekayaan musik tradisi Indonesia.
Program Lokovasia 2023 bertujuan sebagai langkah progresif untuk mendorong pelestarian dan eksistensi musik tradisi Indonesia.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra mengatakan bahwa acara itu dikemas dalam berbagai bentuk, termasuk diseminasi, visitasi, literasi, dan ekshibisi.

Program ini menarik perhatian sejak dimulainya rekrutmen pada 22 Agustus lalu.


Proses seleksi yang ketat melibatkan 350 pendaftar dari kalangan perorangan dan grup, menghasilkan 81 peserta terpilih, termasuk 10 grup, 3 komponis, 5 musisi, dan 2 peneliti musik.

Proses ekshibisi yang telah berlangsung hingga 19 November itu memberikan panggung bagi peserta untuk memamerkan kebolehan mereka.

Peserta yang berhasil lolos seleksi wajib mengikuti agenda mentoring selama sebulan penuh, dari 8 Oktober hingga 9 November, yang dipandu oleh pakarpakar di bidang musik tradisi dan kontemporer.

Puncak dari Lokovasia 2023 adalah konser yang digelar pada 18 dan 19 November di Art Centre, Bali. Konser tersebut tidak hanya bertujuan sebagai wadah untuk merepresentasikan kekayaan musik tradisi Indonesia, tetapi juga sebagai sarana apresiasi bagi para peserta.

Kemendikbudristek bekerja sama dengan Yayasan Musik SJ sukses menggelar rangkaian program Lokovasia 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close