Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lonjakan Kasus Covid-19, 4 Kecamatan di Bangkalan Berencana di Lokcdown

Senin, 07 Juni 2021 – 12:22 WIB
Lonjakan Kasus Covid-19, 4 Kecamatan di Bangkalan Berencana di Lokcdown - JPNN.COM
Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, BANGKALAN - Lonjakan kasus Covid-19 di Bangkalan, Madura mendapat perhatian dari Polda Jawa Timur. Saat ini pihaknya akan merencanakan pemberlakuan mikro lockdown di kecamatan-kecamatan yang kasusnya tinggi. 

"Kami akan menerapkan mikro lockdown di empat kecamatan," ujar Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Senin (7/6).

Empat kecamatan itu di antaranya Bangkalan, Arosbaya, Klampis, dan Geger. Saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Pemkab dan Polres setempat. 

"Penyemprotan disinfektan di empat kecamatan zona rawan itu segera dilakukan. Operasi yustisi dan pembagian masker juga sedang berlangsung di zona rawan," kata dia. 

Nico menginginkan penyekatan dan tes usap antigen di perbatasan Surabaya-Bangkalan terus berlangsung. Personel gabungan sudah disiapkan di sana. 

Dia mengimbau kepada warga Bangkalan dan Surabaya yang hendak bepergian harus membawa surat bebas Covid-19 karena pemeriksaan di pos cek poin semakin diperketat. 

"Upaya penyekatan, serta mendirikan pos penyekatan di dua sisi, pintu masuk Madura maupun Surabaya, dengan melakukan swab antigen on the spot," ucap dia.

Satu rumah sakit rujukan di daerah Bangkalan akan disiapkan dan rumah sakit lapangan di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) serta menyiapkan enam rumah sakit rujukan di Surabaya.

Keenam rumah sakit itu antara lain RSU dr Soetomo, RSU Universitas Airlangga, RSU Haji Surabaya, RSU PHC, RSU Adi Husada Undaan, dan RSU Al Irsyad.

Seluruh masyarakat Bangkalan diminta patuh protokol kesehatan supaya kasus Covid-19 di sana tidak semakin parah. 

"Diminta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda memberikan edukasi dan mengoptimalkan PPKM Mikro, terutama RT RW yang ada warganya positif aktif, untuk melakukan tracing terhadap interaksi pasien positif dengan warga sekitar," tukas Nico. (mcr12/jpnn) 

Yuk, Simak Juga Video ini!


Empat kecamatan di Bangkalan berencana di lockdown setelah munculnya lonjakan kasus Covid-19

Redaktur & Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close