Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Luhut Binsar Sebaiknya Fokus Mengurus Minyak Goreng, Jangan Melebar ke Mana-mana

Minggu, 29 Mei 2022 – 01:55 WIB
Luhut Binsar Sebaiknya Fokus Mengurus Minyak Goreng, Jangan Melebar ke Mana-mana - JPNN.COM
Anggota Komisi VI DPR Deddy Yevri Hanteru Sitorus. Foto: Dokpri for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Fraksi PDI Perjuangan Deddy Yevri Sitorus mengingatkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan fokus pengendalian harga minyak goreng. 

Legislator Dapil Kalimantan Utara itu meminta kepada Luhut Binsar agar tidak melebar ke mana-mana seperti melakukan audit terhadap lahan dan perusahaan kelapa sawit.  

Menurut Deddy, ha itu tidak ada kaitannya dengan upaya menjamin pasokan dan mengendalikan harga minyak goreng seperti penugasan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Ini, kok, jadi aneh, merembet ke mana-mana. Seharusnya urus dulu bahan baku minyak goreng dan distribusinya," kata Deddy di sela-sela Pameran Festival Kopi Nusantara di Senayan, Jakarta, Sabtu (28/5).

Menurut dia, sebenarnya sangat mudah apabila Luhut Binsar hanya mau tahu berapa produksi crude palm oil (CPO) dan minyak goreng, yakni tinggal mengaudit pabrik kelapa sawit (PKS), memeriksa dokumen ekspor dan faktur penjualan perusahaan.

Namun, Luhut Binsar diketahui akan melakukan audit terhadap lahan atau konsesi perusahaan sawit.

"Hal ini sebenarnya bukanlah tugas Menko Marinves. Itu tugasnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Keuangan, Kementerian ATR," papar Deddy.

Menurutnya, saat ini bukan saat yang tepat untuk melakukan audit lahan. Selain tidak ada kaitannya dengan urusan pengadaan minyak goreng, juga berpotensi menimbulkan konflik kepentingan.

Politikus PDIP Deddy Yevri Sitorus meminta Luhut Binsar fokus mengurus minyak goreng saja, dan jangan melebar ke mana-mana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close