Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mabes TNI AD Gelar Pengambilan Sampel Darah Penyintas Covid-19

Jumat, 12 Februari 2021 – 22:00 WIB
Mabes TNI AD Gelar Pengambilan Sampel Darah Penyintas Covid-19 - JPNN.COM
Kegiatan pengambilan sampel darah penyintas Covid-19 di Mabes AD. Foto: Dok. Dispenad

jpnn.com, JAKARTA - Mabes TNI AD menggelar kegiatan pengambilan sampel darah bagi penyintas Covid-19 yang merupakan prajurit TNI AD. Ini merupakan tahapan awal yang harus dilakukan oleh calon pendonor plasma konvalesen.

Direktur Umum Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) Brigjen TNI Purwo Setyanto menjelaskan, ada 78 prajurit TNI AD terpilih dan langsung diambil sampel darah sebanyak 10 CC.

Kemudian, sampel akan dikirimkan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto untuk memasuki tahap seleksi lanjutan.

“Tahapan selanjutnya yaitu melihat jumlah antibodi dalam darah dan mendeteksi ada atau tidaknya infeksi penyakit menular seperti HIV dan Hepatitis,” kata Purwo dalam keterangannya, Jumat (12/2).

Untuk calon donor adalah pasien dinas baik prajurit TNI AD ataupun PNS, kemudian diperuntukan kepada laki-laki karena jika perempuan apalagi yang sudah pernah hamil itu memiliki zat penolak yang tidak bisa untuk memberikan plasma.

Antibodi akan hilang dalam waktu 3 bulan jika berada didalam tubuh manusia namun akan bertahan 1 tahun jika sudah didonorkan dan berbentuk plasma darah.

Sementara itu, Pa Sahli Tk. III KSAD Bidang Intekmil dan Siber Mayjen TNI Sabrar Fadhilah mengatakan, kegiatan ini merupakan arahan dari KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Ini merupakan suatu tindakan bagus, terima kasih kepada Bapak KSAD telah memberikan kesempatan untuk menjadi calon pendonor karena ini merupakan bantuan yang berarti untuk pihak-pihak yang membutuhkan,” kata Sabrar. (cuy/jpnn)

Mabes TNI AD menggelar kegiatan pengambilan sampel darah bagi penyintas Covid-19.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close