Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahyudin Ingatkan Pentingnya Peran Media Menyukseskan Pilkada 2020

Selasa, 01 Desember 2020 – 21:30 WIB
Mahyudin Ingatkan Pentingnya Peran Media Menyukseskan Pilkada 2020 - JPNN.COM
Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dan rombongan saat kunjungan kerja ke Tarakan, Kaltara, Selasa (1/12).

jpnn.com, TARAKAN - Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan media memiliki peran yang besar dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2020.

Peran media sebagai lembaga independen di samping legislatif, eksekutif dan yudikatif, diharapkan menjadi corong masyarakat terhadap dinamika sosial politik di daerah.

Hal tersebut disampaikan Mahyudin saat bersama rombongan anggota DPD RI melakukan kunjungan Pengawasan Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, di Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (1/12).

"Kami berpandangan bahwa media memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini publik. Media mempunyai peran yang strategis dalam menyosialisasikan pelaksanaan Pilkada serentak ini kepada masyarakat Kalimantan Utara khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya," ujar Mahyudin.

Pilkada serentak 2020 menurutnya menjadi sangat berbeda karena dilaksanakan dalam situasi pandemi covid-19, yang tentunya semua tahapan harus memperhatikan dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Komitmen semua pihak untuk menjaga keberlanjutan tahapan pilkada yang jujur, adil, dan demokratis walaupun di tengah pandemi.

Karena itu dia mendorong insan media lebih mengedepankan informasi yang valid dan menjunjung netralitas pada saat pemilu berlangsung. Media selama ini dianggap sebagai kontrol sosial atau penengah dalam kehidupan sosial politik yang ada.

"Peran media sebagai lembaga independen di samping legislatif, eksekutif dan yudikatif, diharapkan menjadi corong masyarakat terhadap dinamika sosial politik di suatu daerah," lanjut Mahyudin saat melakukan media visit ke kantor Radar Tarakan.

Senada dengan itu, Senator Kalimantan Utara Hasan Basri selaku tuan rumah mengungkapkan, bahwa DPD RI selalu membuka kerja sama dengan media sebagai mitra kerja yang menyebarluaskan kinerja DPD RI.

Komitmen semua pihak diperlukan untuk menjaga tahapan Pilkada 2020 yang jujur, adil, dan demokratis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close