Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mainan Anak Lebih Berkuman dari Dudukan Toilet

Jumat, 20 September 2013 – 12:23 WIB
Mainan Anak Lebih Berkuman dari Dudukan Toilet - JPNN.COM
Game kontroler yang ternyata lebih berkuman ketimbang dudukan toliet. FOTO: getty images

jpnn.com - BANYAK orang yang mengira area di seputaran kamar mandi adalah tempat paling kotor di rumah. Namun sebuah penelitian terbaru menemukan ada beberapa perabot rumah yang jauh lebih kotor dari kamar mandi, bahkan kotorannya tak terlihat oleh mata telanjang. Dimana sajakah itu?

Menurut pakar  pakar food safety terkemuka Inggris, Dr Lisa Ackerley, banyak orang percaya dudukan toilet merupakan perabot rumah tangga yang paling berkuman. Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan Domestos bekerjasama dengan UNICEF degan cara memindai berbagai perabot rumah tangga untuk mencari strain bakteri seperti E Coli, APC dan Enterobacteriaceae, diketahui ada lebih banyak perabot rumah tangga yang lebih berkuman daripada toilet.

Rata-rata dudukan toilet mengandung 1.600 kuman per 100 cm2, tapi nyatanya mainan anak-anak justru menggondol lebih banyak kuman daripada jumlah tersebut. Salah satu yang paling kotor adalah trampolin, sebab kadar bakterinya mencapai 640.000 per 100 cm2. Sedangkan sepeda dan mainan bola memiliki kadar bakteri hingga 14.000 per 100 cm2.

Tak hanya itu game controller juga menjadi sarang kuman yang mengerikan. Sebab, benda tersebut bisa menampung bakteri lima kali lebih banyak daripada rata-rata bakteri yang ada pada dudukan toilet, yaitu 7.863 kuman per 100 cm2.

Terkait dengan temuan polling bahwa tiga dari lima responden percaya anak-anak mereka lebih kerap berinteraksi dengan kuman dan bakteri di sekolah, peneliti mengatakan tampaknya mereka harus lebih aware dengan kuman-kuman yang ada di sofa mereka.

Sebab menurut peneliti lengan sofa yang ada di rumah-rumah rata-rata mengandung bakteri 12 kali lebih banyak dari dudukan toilet. Sedangkan pegangan kulkas juga mengandung 7.474 kuman per 100 cm2.

Boneka teddy bear kesayangan putra-putri anda juga tak jauh beda kotornya, meski kadarnya hanya 2.549 kuman per 100 cm2.

"Untuk itu rajin mencuci tangan bisa jadi cara paling murah dan efektif serta sederhana untuk mengurangi penyakit yang ditimbulkan kuman-kuman ini," kata pakar food safety terkemuka dari Inggris, Dr Lisa Ackerley, seperti dilansir laman Daily Mail, Kamis (19/9).

BANYAK orang yang mengira area di seputaran kamar mandi adalah tempat paling kotor di rumah. Namun sebuah penelitian terbaru menemukan ada beberapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close