Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Majukan Perekonomian, 14 Desa Ikuti Pelatihan Dasar Pengelola BUMDes

Senin, 20 Februari 2023 – 10:17 WIB
Majukan Perekonomian, 14 Desa Ikuti Pelatihan Dasar Pengelola BUMDes - JPNN.COM
Majukan Perekonomian, 14 Desa Ikuti Pelatihan Dasar Pengelola BUMDes. Foto: PT Djarum

jpnn.com, KUDUS - Sebanyak 14 desa di Kudus, Jawa Tengah, mengikuti Pelatihan Dasar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diselenggarakan PT Djarum.

Pelatihan ini bertujuan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat pedesaan, khususnya di Kota Kretek.

Deputy General Manager Corporate Communications PT Djarum Achmad Budiharto mengatakan perusahaan aktif memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pengurus BUMDes, khususnya di Kudus.

Menurut dia BUMDes merupakan salah satu cara yang efektif dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat pedesaan bila badan usaha tersebut dikelola dengan baik.

"Pelatihan ini guna memantapkan kelembagaan, mengeksekusi rencana bisnis, sampai membuat laporan keuangan yang akuntabel dan sesuai standar sehingga BUMDes dapat menghadirkan manfaat yang maksimal bagi warga desa," kata Budiharto, dalam keterangannya, Senin (20/2).

Pelatihan digelar selama enam hari pada akhir pekan mulai Sabtu (4/2) hingga Minggu (19/2). Pesertanya berasal dari 6 kecamatan, yakni Desa Soco, Ternadi & Cendono (Kecamatan Dawe), Desa Peganjaran, Dersalam & Gondangmanis (Kec. Bae), Desa Kaliputu (Kec. Kota), Desa Kirik, Mejobo, & Payaman (Kec. Mejobo) Desa Hadipolo, Honggosoco, & Klaling (kec. Jekulo) dan Desa Tanjung Karang (Kec. Jati).

Pada hari pertama pelatihan, berbagai instansi mulai dari Direktorat Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Kemendesa PDTT, Dinas PMD Kabupaten Kudus, Tenaga Ahli Pendampingan Desa, Bank Jateng, dan Lokadata menjadi narasumber yang mengisi sharing session yang bersama pengelola BUMDes dari 34 desa di Kabupaten Kudus.

Peserta juga mendapatkan beragam materi mulai dari pemetaan potensi desa, pembuatan analisis kelayakan bisnis, sampai pembuatan program kerja (business plan).

Sebanyak 14 desa mengikuti pelatihan dasar pengelola BUMDes yang diselenggarakan PT Djarum guna memajukan perekonomian desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close