Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mak Ganjar DIY Bangun Sumur Bor, Warga Dusun Pilangrejo Kini tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Kamis, 22 Desember 2022 – 14:58 WIB
Mak Ganjar DIY Bangun Sumur Bor, Warga Dusun Pilangrejo Kini tak Lagi Kesulitan Air Bersih - JPNN.COM
Mak Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meresmikan bantuan pembangunan sumur bor di Dusun Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul pada Rabu (21/12). Foto dok Mak Ganjar

jpnn.com, YOGYAKARTA - Mak Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meresmikan bantuan pembangunan sumur bor di Dusun Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul pada Rabu (21/12).

Sumur bor sedalam 10 meter itu diresmikan oleh Koordinator Wilayah Mak Ganjar DIY, Rindi Astika.

Dia mengatakan, pemilihan Dusun Pilangrejo untuk pembangunan sumur bor bertujuan membantu masyarakat ihwal akses air bersih yang sulit didapatkan, lantaran kebanyakan masyarakat masih mengandalkan sumur pribadi.

Selain itu, akses air bersih yang diperoleh masyarakat juga masih berlangganan berbayar dari Perusahaan Air Mineral atau PAM, sehingga kondisi tersebut cukup menyulitkan masyarakat Dusun Pilangrejo yang rata-rata berprofesi sebagai petani dan ibu rumah tangga.

"Warga di Dusun Pilangrejo, salah satunya daerah pegunungan, di sini kekurangan air bersih, warga tidak bisa mengandalkan sumur pribadi, sehingga mau tidak mau warga harus berlangganan air PAM dan ada kendala apabila mati lampu dan masyarakat tidak menampung di tandon, otomatis tidak punya air untuk minum, bahkan mandi," ujar Rindi.

Dengan adanya bantuan pembangunan sumur bor dari Mak Ganjar DIY itu, masyarakat Dusun Pilangrejo yang berjumlah 225 kepala keluarga dengan 665 jiwa itu diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk mendapatkan air bersih secara gratis, tanpa harus diberatkan dengan membayar iuran.

"Masyarakat pun antusias menyambut sumur bor ini. Mereka sangat kekurangan air bersih dan mengandalkan air PAM yang berbayar. Namun dengan kehadiran sumur bor ini bisa bermanfaat, asal masyarakat tinggal menyambungkan pipanisasi di setiap rumah dan air akan mengalir ke setiap rumah tanpa harus bayar seperti sumur PAM," ucap Rindi.

Bantuan untuk masyarakat dusun pun tak berhenti di situ.

Keberadaan dan kehadiran relawan Mak Ganjar, terutama di daerah terpencil sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close