Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Malaysia Pangkas Bunga Jadi 2,5 Persen

Kamis, 22 Januari 2009 – 08:56 WIB
Malaysia Pangkas Bunga Jadi 2,5 Persen - JPNN.COM
KUALA LUMPUR - Makin banyak negara Asia yang memangkas suku bunga acuannya. Bank sentral Malaysia kemarin (21/1) giliran memotong tingkat suku bunganya sebesar 75 basis point (0,75 persen) menjadi 2,5 persen. Itu pemangkasan suku bunga tertinggi di negara tersebut sejak 2004.

Dalam pertemuan pertama tahun ini membahas suku bunga, Bank Negara Malaysia memangkas suku bunga acuan overnight policy rate (OPR) dari 3,25 persen menjadi 2,5 persen. Kebijakan itu berlaku otomatis. Bank Negara juga menurunkan aturan soal cadangan wajib dari 3,5 persen menjadi 2 persen yang berlaku efektif 1 Februari nanti.

Kebijakan itu dirilis untuk melindungi ekonomi Malaysia yang melemah dan menghindari resesi. ''Dengan naiknya risiko atas pertumbuhan, kebijakan tersebut diharapkan menjadi langkah awal dalam menyediakan lingkungan moneter yang mendukung ekonomi domestik,'' kata pernytaan Bank Negara seperti dikutip Dow Jones Newswires.

Sebelumnya, India, Indonesia, Korsel, Taiwan, dan Thailand telah lebih dulu memangkas tingkat suku bunga acuannya bulan ini. Pelonggaran kebijakan ini ditempuh untuk membantu ekonomi masing-masing dari pelemahan ekonomi global.

KUALA LUMPUR - Makin banyak negara Asia yang memangkas suku bunga acuannya. Bank sentral Malaysia kemarin (21/1) giliran memotong tingkat suku bunganya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA