Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Manfaat Buah Apel untuk si Kecil

Kamis, 21 Desember 2017 – 04:46 WIB
Manfaat Buah Apel untuk si Kecil - JPNN.COM
Apel Malang. Foto: Rubianto/Radar Malang/JPNN.com

jpnn.com - Salah satu makanan yang disarankan sebagai MPASI pertama adalah buah apel. Selain lezat, apel juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk si Kecil.

Sampai-sampai ada peribahasa dalam bahasa Inggris yang menyatakan bahwa “One apple a day keep the doctor away.” Artinya, kesehatan tubuh akan selalu terjaga dengan mengonsumsi apel secara rutin.

Kandungan dan Manfaat Apel

Apel mengandung serat larut (pektin) yang dapat menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Konsumsi apel secara rutin dapat memperlancar buang air besar dan mencegah terjadinya konstipasi.

Serat dalam apel juga memberi makan bakteri baik dalam usus, yang kemudian bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya sampai di situ. Pektin bisa menurunkan risiko berbagai penyakit pada kemudian hari. Mulai dari kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Di samping kaya akan serat, apel juga merupakan MPASI yang bergizi karena mengandung vitamin C. Satu buah apel sedang bisa memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin C harian si Kecil.

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan, vitamin C memiliki kepentingan untuk pembentukan kolagen. Kolagen sangat penting sebagai ‘bahan pembangun’ berbagai struktur dalam tubuh si Kecil, seperti kulit, tulang, gigi, tulang rawan, ligamen, tendon, dan pembuluh darah.

Apel juga mengandung polifenol dan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close