Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mantap! Perekonomian Makin Membaik, Realisasi APBN Berjalan Maksimal

Selasa, 07 Juni 2022 – 19:28 WIB
Mantap! Perekonomian Makin Membaik, Realisasi APBN Berjalan Maksimal - JPNN.COM
Bea Cukai turut berperan aktif menyumbang surplus penerimaan negara melalui kepabeanan dan cukai. Ilustrasi foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kondisi perekonomian Indonesia terus menunjukkan tren positif.

Terbukti nilai anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) hingga April 2022 masih mencetak surplus pada neraca perdagangan Indonesia atau menguat dibandingkan bulan atau tahun sebelumnya.

Hal ini makin mengukuhkan rentetan surplus 23 bulan berturut-turut yang terjadi sejak Mei 2020.

Sebagai instansi kepabeanan yang mengemban fungsi sebagai revenue collector, Bea Cukai turut berperan aktif menyumbang surplus penerimaan negara tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan adanya tren peningkatan ekspor dan impor selama 23 bulan berturut-turut, ditambah dengan peningkatan penerimaan dari sektor cukai hingga akhir April 2022.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Nirwala Dwi Heryanto menegaskan, capaian penerimaan kepabeanan dan cukai hingga 30 April 2022 menunjukkan catatan yang baik.

Terlihat dari kinerja komponen-komponen penerimaan yang mengalami pertumbuhan apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Hal ini dapat dibuktikan dari realisasi penerimaan kepabeanan dan cukai hingga akhir April 2022 yang tercatat Rp 108,38 triliun atau mencapai 44,24 persen terhadap target APBN 2022,” katanya.

Pemerintah berkomitmen APBN dapat dimanfaatkan seutuhnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close