Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mantap! UMKM Binaan Pertamina Bukukan Transaksi Ekspor Rp 163,5 Miliar di TEI 2024

Senin, 14 Oktober 2024 – 14:06 WIB
Mantap! UMKM Binaan Pertamina Bukukan Transaksi Ekspor Rp 163,5 Miliar di TEI 2024 - JPNN.COM
Manager SMEPP Pertamina Dewi Sri Utami menyaksikan penandatanganan kerja sama dagang antara UMKM Binaan Pertamina dengan buyer dari Kanada, serta beberapa kerja sama lainnya dengan negara lain. Pertamina mendorong target ekspor Go Global pada ajang Pameran Trade Expo Indonesia ke-39 tahun 2024 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, pekan lalu. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, TANGERANG - PT Pertamina (Persero) melalui program Kemitraan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berhasil membukukan nilai transaksi ekspor senilai USD 10,5 juta atau setara Rp 163,5 miliar selama acara Trade Expo Indonesia (TEI) yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang pada 9-12 Oktober 2024.

Sebanyak 13 UMKM binaan Pertamina berhasil menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah pembeli internasional dari berbagai negara.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan pencapaian ini menunjukkan komitmen Pertamina dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Melalui berbagai program pembinaan, Pertamina secara aktif memberikan pendampingan, pelatihan, serta akses ke jaringan internasional, sehingga produk-produk UMKM tak kalah bersaing di pasar global.

“Ini adalah langkah besar bagi UMKM binaan Pertamina dalam memasuki pasar internasional,"ujar Fadjar.

Menurut Fadjar, keberhasilan UMKM dalam menggaet minat pasar global merupakan hasil dari pembinaan intensif yang dilakukan Pertamina.

"Di mana kami memberikan dukungan penuh dalam hal pelatihan, pengembangan produk, hingga akses pasar global,” beber Fadjar.

Selama TEI 2024, UMKM binaan Pertamina mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan pembeli dari berbagai negara, yang tertarik pada produk berkualitas buatan Indonesia.

Pertamina berhasil membukukan nilai transaksi ekspor senilai USD 10,5 juta atau setara Rp 163,5 miliar selama TEI 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA