Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mantap! UNESCO Tetapkan Pinisi sebagai Warisan Budaya Dunia

Jumat, 08 Desember 2017 – 06:17 WIB
Mantap! UNESCO Tetapkan Pinisi sebagai Warisan Budaya Dunia - JPNN.COM
Kapal Pinisi Pusaka Indonesia melintasi perairan Pulau Samalona, Selasa (6/9). Kapal tradisional itu akan digunakan delegasi F8 untuk menyaksikan Sunset di sekitar Pulau Samalona sambil menikmati secangkir teh diats geladak kapal. Foto: Tawakkal/FAJAR Ilustrasi :

jpnn.com, JAKARTA - UNESCO menetapkan Pinisi sebagai Warisan Budaya Takbenda pada Sidang ke-12 Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Pulau Jeju, Korea Selatan, Kamis, (7/12).

Sidang yang akan berakhir pada 9 Desember 2017 itu telah menetapkan usulan Indonesia, yaitu PINISI: Seni Pembuatan Perahu di Sulawesi Selatan (PINISI: Art of Boatbuilding in South Sulawesi) ke dalam UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid mengungkapkan, penetapan Pinisi adalah bentuk pengakuan dunia internasional terhadap arti penting pengetahuan tentang teknik perkapalan tradisional nenek moyang bangsa Indonesia yang diturunkan dari generasi ke generasi dan masih berkembang sampai hari ini.

"Kami bangga dengan pengakuan dunia terhadap warisan budaya Indonesia. Mewakili pemerintah, saya mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat atas kepeduliannya sehingga karya budaya ini ditetapkan,” ujar Hilmar.

Dia menambahkan, penetapan tersebut menjadi pemicu agar generasi muda bisa bangga untuk tetap menjaga nilai tradisi kebudayaan yang dimiliki.

"Dunia saja mengakui, tentunya bangsa Indonesia harus lebih mengakui. Kami berharap para generasi muda menjadi lebih bangga dan menggali nilai tradisi budaya untuk lebih dikembangkan," tambahnya.

Dengan penetapan Pinisi ini, maka Indonesia telah memiliki delapan elemen budaya dalam Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Tujuh elemen yang telah terdaftar sebelumnya adalah Wayang (2008), Keris (2008), Batik (2009), Angklung (2010), Tari Saman (2011), dan Noken Papua (2012), dan Tiga Genre Tari Tradisional Bali (2015).

Pinisi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close