Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masyarakat Dinilai Sudah Bijak Manfaatkan Mudik Gratis

Minggu, 10 Juni 2018 – 22:53 WIB
Masyarakat Dinilai Sudah Bijak Manfaatkan Mudik Gratis - JPNN.COM
Ilustrasi program mudik gratis 2018 bersama Wahana Honda. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono menilai saat ini masyarakat sudah bijak dengan memanfaatkan program pemerintah untuk mengurangi kemacetan pada arus mudik lebaran 2018.

Hal itu dia sampaikan usai melepas para peserta mudik gratis Kemenhub, Sabtu (9/6) kemarin.

"Secara total disampaikan ada peningkatan jumlah peserta mudik hampir 50 persen dari 2017. Suatu angka yang luar biasa dan menurut saya para pemudik ini sudah bijak, tidak hanya memikirkan keselamatan dan keamanan tetapi juga bisa mengurangi kemacetan lalu lintas dari penggunaan kendaraan pribadi," tutur Djoko.

Djoko menambahkan program mudik gratis Kemenhub merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat pulang ke kampung halaman dengan selamat, aman dan nyaman.

"Melalui program ini diharapkan masyarakat tidak menggunakan sepeda motor lagi pada saat mudik karena motor sangat rentan terhadap aspek keselamatan terutama untuk perjalanan jauh," jelas Djoko.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi melaporkan jumlah peserta mudik yang berangkat pada tahap pertama sebanyak 5.985 penumpang.

Untuk diketahui mudik gratis Kemenhub dengan moda darat meliputi angkutan bus dan truk serta angkutan kapal penyeberangan.

Pada moda bus total 1.130 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 48.905 orang dan 70 truk dengan jumlah sepeda motor yang diangkut sebanyak 2.837 motor. Jumlah kota tujuan yang dilayani yaitu 32 kota tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera.

Secara total disampaikan ada peningkatan jumlah peserta mudik hampir 50 persen dibanding pada 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close