Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Materi Pelatihan Prakerja Dikritik

Jumat, 17 April 2020 – 16:28 WIB
Materi Pelatihan Prakerja Dikritik - JPNN.COM
Kartu prakerja diluncurkan melalui situs www.prakerja.go.id dan bekerja sama dengan delapan mitra digital serta tiga mitra pembayaran. Foto dok Kemenko

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati pendidikan dari Center for Education Regulations and Development Analysis (CERDAS) Indra Charismiadji mengatakan materi pelatihan program Kartu Prakerja di sejumlah mitra masih berbasis konten.

"Saat ini konten tidak lagi penting karena konten mudah didapat di internet, pelatihan yang diperlukan itu bagaimana masyarakat bisa berinovasi, menciptakan karya," ujar Indra di Jakarta, Jumat (17/4).

Dia memberi contoh pelatihan di salah satu mitra Prakerja yakni membuat "Curriculum Vitae" atau riwayat hidup untuk melamar pekerjaan, itu bisa dengan mudah ditemukan di blog ataupun Youtube.

Begitu juga dengan mitra lainnya mengenai pelatihan membuat kue, juga dengan mudah ditemui di laman resep masakan, Youtube dan lainnya.

"Seharusnya pelatihan yang diberikan relevan dengan kebutuhan saat ini," kata dia.

Dia memberi contoh pelatihan pemograman, "makerspace", "design digital", sesuai dengan kebutuhan saat ini dan manfaatnya bisa instan.

"Atau sekalian pelatihan bagaimana mendapatkan pendapatan dari Youtube, Instagram, Facebook, maupun blog," kata dia lagi.

Untuk kepentingan bangsa, seharusnya pelatihan prakerja itu disesuaikan dengan kondisi sumber daya manusia yang dibutuhkan juga lapangan pekerjaan atau bidang yang dikembangkan.

Jangan sampai mereka yang mengikuti pelatihan prakerja ini jadi pengangguran baru gara-gara materi pelatihannya tidak relevan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close