Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Max Sopacua: Keinginan Pak Jokowi Sangat Wajar

Kamis, 15 Agustus 2019 – 14:37 WIB
Max Sopacua: Keinginan Pak Jokowi Sangat Wajar - JPNN.COM
Max Sopacua. Foto: dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Max Sopacua menilai wajar keinginan Presiden Jokowi untuk menunjuk jaksa agung dari kalangan nonpartai. Sebab, sosok jaksa agung di periode kedua Jokowi memimpin Indonesia, harus terbebas dari konflik kepentingan.

"Keinginan Pak Jokowi sangat wajar. Sebab, penegak hukum jangan terkontaminasi dengan polusi atau berasal dari partai politik," kata Max saat dihubungi jpnn.com, Kamis (15/8).

Hanya saja, Max menegaskan, jaksa agung nanti harus berasal dari profesional murni. Nonpartai yang dimaksud itu adalah sosok yang tidak pernah berkecimpung di partai politik.

"Kalau ada yang profesional murni, kenapa harus mengambil eks partai politik? Kecuali partai politiknya sudah bubar. Selama di sebut eks, nuansa keberpihakan tidak bisa dihindari," pungkas dia.

Sama seperti Max, Partai Kebangkitan Bangsa turut mendukung penuh Presiden Jokowi yang ingin mewujudkan sisi profesional di kabinetnya pada pemerintahan mendatang. Satu di antaranya, Jokowi ingin menunjuk jaksa agung dari kalangan nonpartai.

BACA JUGA: Tak Mau Merembet ke Mana-Mana, Jokowi Tolak Keinginan PDIP

"Jaksa agung baiknya dijabat profesional nonpartai," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Daniel Johan saat dihubungi jpnn.com, Rabu (14/8).

Dia beralasan, penegakan hukum harus dilakukan dengan adil bagi setiap rakyat Indonesia. Karena itu Jaksa Agung harus terbebas dari konflik kepentingan dengan memilih sosok dari nonpartai.

Max Sopacua menegaskan, jaksa agung nanti harus berasal dari profesional murni, tidak pernah berkecimpung di partai politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close