Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mayjen Sonny Beri Peringatan, Prajurit TNI yang Terlibat Politik Praktis di 2024 Bakal Ditindak

Senin, 26 Juni 2023 – 16:22 WIB
Mayjen Sonny Beri Peringatan, Prajurit TNI yang Terlibat Politik Praktis di 2024 Bakal Ditindak - JPNN.COM
Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto saat memberikan arahan kepada seluruh pimpinan satuan jajaran yang dilaksanakan melalui video conference dan tatap muka langsung di Ruang Command Center Soekertijo Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, Senin. ANTARA/HO- Bagpen Kodam IX/Udayana

jpnn.com, BALI - Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen Sonny Aprianto memerintahkan jajarannya untuk menjaga netralitas anggota TNI menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024.

"Penegasan tentang netralitas TNI dalam Pemilu 2024 sesuai dengan instruksi komando atas, bahwa prajurit untuk tidak memihak dan tidak memberi dukungan kepada partai politik mana pun, pasangan calon, serta tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis," kata Sonny kepada seluruh pimpinan satuan jajaran yang dilaksanakan melalui konferensi video dan tatap muka langsung di Ruang Command Center Soekertijo Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, Senin (26/6).

Pangdam juga memerintahkan kepada para prajurit agar tidak memberikan fasilitas tempat atau sarana dan prasarana milik TNI kepada pasangan calon dan partai politik tertentu untuk digunakan sebagai kegiatan kampanye.

Menurutnya, fasilitas Komando Daerah Militer IX/Udayana yang wilayah teritorialnya terdiri dari Provinsi Bali, NTB, dan NTT tidak boleh dijadikan sebagai tempat untuk berpolitik.

Sonny juga melarang setiap prajurit memberikan arahan dalam menentukan hak pilih kepada keluarga prajurit TNI yang memiliki hak pilih atau hak individu selaku warga negara.

"Sebagai prajurit untuk tidak memberi tanggapan, komentar dan meng-upload apa pun terkait hasil quick count sementara yang dikeluarkan oleh lembaga survei," kata Pangdam.

Menurutnya, apabila ada prajurit TNI dan pegawai negeri sipil di lingkungan Kodam IX/Udayana yang terbukti melanggar terkait netralitas akan ditindak tegas sesuai ketentuan yang berlaku. (Antara/jpnn)


Apabila ada prajurit TNI dan pegawai negeri sipil di lingkungan Kodam Udayana yang terbukti melanggar terkait netralitas akan ditindak tegas sesuai ketentuan.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close