Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Mayoritas Pasien Covid-19 Klaster Secapa AD Sembuh, Tinggal 172 Orang Masih Positif

Rabu, 05 Agustus 2020 – 11:22 WIB
Mayoritas Pasien Covid-19 Klaster Secapa AD Sembuh, Tinggal 172 Orang Masih Positif - JPNN.COM
Pelaksanaan tes usap ke-2 bagi siswa di Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD, Bandung, Kamis (16/7). Foto: Antara/HO-Dok Dispenad

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah pasien positif coronavirus disease 2019 (Covid-19) klaster Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD) terus berkurang.

Menurut Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AD Brigjen Nefra Firdaus, ada tambahan 16 pasien lagi yang telah dinyatakan negatif dari Covid-19 berdasar pemeriksaan melalui metode polymerase chain reaction (PCR).

"Sampai dengan pagi ini ada 16 pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Nefra melalui layanan pesan, Rabu (5/8).

Secara akumulatif, hingga saat ini sudah ada 1.136 orang dari klaster Secapa AD yang negatif dari Covid-19. Jumlah itu jauh berkurang dibandingkan 1.308 pasien positif Covid-19 di klaster Secapa AD.

"Jadi dari total 1.308 pasien positif Covid-19 di Secapa AD, pada pagi ini sudah berkurang 1.136 orang. Tinggal 172 orang atau 13,2 persen masih positif," beber dia.

TNI AD, kata Nefra, menggelar donor plasma darah gelombang kedua. Plasma darahnya diambil dari pasien klaster Secapa AD yang sudah negatif Covid-19.

Kegiatan itu dimaksudkan untuk mencari antibodi pada pasien yang telah sembuh dari Covid-19. "Gelombang kedua donor plasma darah untuk terapi plasma convalescence yang terdiri dari delapan perwira mantan Secapa AD akan dilakukan hari ini di RSPAD Gatot Soebroto," beber Nefra.(ast/cui/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

loading...