Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mayoritas Pendaftar Jalur Penghapal Al-Qur-an Memilih Prodi Kedokteran

Kamis, 04 Februari 2021 – 13:59 WIB
Mayoritas Pendaftar Jalur Penghapal Al-Qur-an Memilih Prodi Kedokteran - JPNN.COM
Rumah Sakit (RS) Universitas Andalas Padang. Foto: ANTARA/Miko Elfisha

jpnn.com, PADANG - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, membuka penerimaan mahasiswa baru dari jalur penghafal Al-Qur’an (hafiz) melalui seleksi mandiri tahun akademik 2021/2022.

"Untuk penghafal Al-Qur’an minimal hafal 20 juz yang dibuktikan dengan sertifikat dari sekolah," kata Wakil Rektor I Unand Prof Mansyurdin, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unand di Padang, Kamis.

Prof Mansyurdin menjelaskan, kendati sudah ada sertifikat dari sekolah, pihak kampus tetap akan melakukan tes hafalan kepada calon mahasiswa yang masuk lewat jalur ini.

"Karena saat ini tengah pandemi, tes hafalan dilakukan secara daring, kami sudah punya tim yang akan menguji calon mahasiswa dari jalur ini (hafiz)," ujarnya.

Calon mahasiswa jalur ini bebas memilih jurusan. Namun jika banyak yang memilih satu jurusan tertentu, maka akan dilakukan penyaringan.

"Selama ini kebanyakan penghafal Al-Qur’an memilih Prodi Kedokteran, sebaiknya jangan menumpuk, karena tidak semuanya akan diterima di sana dan akan lebih baik prodinya menyebar," ujarnya.

Ia menyebutkan pada penerimaan mahasiswa baru 2020, sekitar 200 mahasiswa yang diterima melalui seleksi mandiri lewat kemampuan akademik dan prestasi. "Mereka adalah para atlet, juara hingga penghafal Al-Qur’an," ujarnya.

Calon mahasiswa yang diterima lewat jalur prestasi ini sebelumnya namanya tidak masuk pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

SNMPTN 2021: Wakil Rektor I Unand Prof Mansyurdin menyebut, mayoritas pendaftar jalur penghapal Al-Qur’an memilih prodi Kedokteran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close