Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mbak Rerie Masih Khawatir Melihat Angka Kematian Covid-19, Begini Pesannya

Jumat, 13 Agustus 2021 – 20:02 WIB
Mbak Rerie Masih Khawatir Melihat Angka Kematian Covid-19, Begini Pesannya - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie soroti masih tingginya angka kematian akibat Covid-19. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan tren penurunan kasus aktif positif Covid-19 harus disikapi dengan peningkatan kepedulian dan solidaritas antarwarga, demi mengakselerasi upaya pengendalian penyebaran Covid-19 di tanah air.

Pasalnya, dia melihat angka kematian akibat Covid-19 masih cukup tinggi meski jumlah kasus positif mulai mengalami penurunan.

"Cukup mengkhawatirkan, meski jumlah kasus aktif positif harian mulai menunjukkan tren penurunan, namun angka kematian akibat Covid-19 belum menunjukkan perubahan yang signifikan," kata Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/8).

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat kasus aktif Covid-19 di Indonesia turun 28,1 persen terhitung setelah puncaknya pada 24 Juli 2021 dengan 574.135 kasus aktif hingga sekitar tiga pekan kemudian, pada Kamis (12/8) tercatat 412.776 kasus aktif.

Namun, jumlah kematian Covid-19 harian pada Kamis (12/8) bertambah 1.466 kasus. Angka itu belum menunjukkan perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan catatan pada Sabtu (24/7) yang menunjukkan 1.415 kasus meninggal.

Mbak Rerie -sapaan Lestari Moerdijat- menyebut momentum penurunan kasus aktif positif Covid-19 di tanah air harus terus dijaga agar penyebaran virus Corona bisa segera terkendali.

"Meski begitu, kita berharap tren penurunan kasus aktif positif Covid-19 itu juga diikuti oleh penurunan angka kematian," ucapnya.

Rerie menduga, belum signifikannya penurunan angka kematian akibat Covid-19 karena belum terbentuknya solidaritas antarwarga dan pemahaman masyarakat tentang virus korona yang belum memadai di sejumlah daerah.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong masyarakat meningkatkan kepedulian dan solidaritas guna menekan penularan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close