Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mekanisasi Pertanian Solusi Tingkatkan Produktivitas

Selasa, 23 Januari 2024 – 19:32 WIB
Mekanisasi Pertanian Solusi Tingkatkan Produktivitas - JPNN.COM
Ngobrol Asyik edisi mekanisasi pertanian. Foto: tangkapan layar - dok.kementan

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman terus membenahi semua upaya peningkatan produksi pangan strategis padi dan jagung, di antaranya dengan penggunaan teknologi, pendampingan petani melalui penyuluh, mekanisasi pertanian, penggunaan benih unggul serta optimalisasi lahan marjinal seperti lahan rawa mineral.

Menurut Mentan Amran, potensi lahan rawa mineral yang ada di Indonesia sekitar 10 juta hektare.

Jika pada 2024 digarap sekitar 1 juta hektare saja dengan baik, maka akan menambah peningkatan produksi beras sebanyak 2,5 juta ton.

"Indonesia akan berdaulat dan menjadi negara pengekspor beras di 2027 dengan produksi beras dari lahan itu 10 juta ton dengan syarat dalam setiap tahunnya ada peningkatan lahan 1 juta hektare, sehingga ada penambahan produksi 2,5 juta ton beras setiap tahunnya," ujar Amran.

Pada agenda Ngobrol Asyik (Ngobras) volume 03, Selasa (23/1) yang bertemakan mekanisasi pertanian dalam meningkatkan produksi padi dan jagung, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa untuk meningkatkan produktivitas tidak lagi dengan cara konvesional saja, tetapi juga dengan inovasi teknologi.

Cara-cara bertani konvensional harus diubah dengan cara modern. Harus dengan cara maju, mandiri dan modern, termasuk dalam budidaya padi.

“Harus singsingkan lengan baju, turun ke sawah untuk genjot produktivitas dan mekanisasi pertanian memberikan kontribusi yang luar biasa untuk produktivitas pertanian. Riset membuktikan dengan adanya alsintan mempercepat produksi pertanian,” kata Dedi.

Narasumber Ngobras, Penyuluh Pertanian Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Muhammad Afdal menjelaskan bahwa keunggulan menggunakan mekanisasi pertanian ialah lebih efisien untuk pengerjaan sawah.

Untuk meningkatkan produktivitas pertanian tidak lagi dengan cara konvesional saja, tetapi juga dengan inovasi teknologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close