Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Melalui G20 Orchestra, Indonesia Kenalkan Budaya Lokal

Kamis, 09 Juni 2022 – 21:00 WIB
Melalui G20 Orchestra, Indonesia Kenalkan Budaya Lokal - JPNN.COM
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar Culture Ministers Meeting negara anggota G20 pada 12-13 September 2022 di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Foto dok Kemendikbudristek

jpnn.com, MAGELANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar Culture Ministers Meeting negara anggota G20 pada 12-13 September 2022 di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Langkah ini dilakukan untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal dalam event penyelenggaraan Pertemuan G20.

Acara ini akan diadakan World Premier G20 Orchestra pada 12 September 2022, yang melibatkan musisi dari 20 Negara G20.

Acara ini akan dipimpin langsung komponis sekaligus pianis Ananda Sukarlan, orang Indonesia pertama, dan satu-satunya, yang tercantum di 2000 Outstanding Musicians of the 20th century.

Rencananya konser perdana G20 Orchestra ini akan mengusung beberapa tema di antaranya bercerita tentang perang dunia pertama dan dampaknya.

Menurut Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid, G20 Orchestra ini tidak hanya memiliki misi kebudayaan dan persamaan gender, tetapi juga memiliki empat misi kemanusian.

“Empat misi kemanusiaan ini di antaranya penanaman budaya lokal atau kearifan lokal, merespon tantangan ekonomi, lingkungan, dan sosial dari pandemi, persiapan "new normal" dan  pengenalan strategi yang memastikan ekosistem budaya global yang adil dan merata,” kata Hilmar.

Perhelatan G20 Orchestra yang dipimpin Ananda Sukarlan ini, mengedepankan kesetaraan Gender, yang tercermin pada komposisi musisi yang terlibat di dalamnya.

G20 Orchestra ini tidak hanya memiliki misi kebudayaan dan persamaan gender, tetapi juga memiliki empat misi kemanusian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close