Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Melintas Perbatasan Indonesia-Papua Nugini lewat Pos Skouw Wutung (1)

Pasar RI Banyak Dimanfaatkan Penduduk Papua Nugini

Kamis, 04 Desember 2008 – 08:23 WIB
Melintas Perbatasan Indonesia-Papua Nugini lewat Pos Skouw Wutung (1) - JPNN.COM
Indonesia memiliki beberapa daratan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Selain Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Malaysia dan Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Timor Leste, juga ada Papua yang bertetangga dengan Papua Nugini (PNG). Seperti apa kondisinya?

Laporan IWAN UNGSI, Skouw Wutung

PROVINSI Papua memiliki beberapa pos penjaga perbatasan dengan Papua Nugini. Di antaranya adalah Imundabaris yang terletak di Kecamatan Keerom, Dume Mindiptana, Merauke, dan Skouw Wutung. Namun, dari keempat pos perbatasan tersebut, hanya Skouw Wutung yang merupakan jalur resmi perlintasan internasional. Artinya, siapa pun yang ingin keluar-masuk Indonesia atau Papua Nugini melalui jalur darat, harus melewati pos Skouw Wutung yang masih masuk wilayah Kota Jayapura.

Untuk mencapai pos Skouw Wutung, pelintas batas harus berkendara sejauh kurang lebih 80 kilometer dari Jayapura. Dengan kondisi jalan berkelok-kelok dan naik turun, lama waktu yang ditempuh bisa mencapai 1,5 jam lebih.

Indonesia memiliki beberapa daratan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Selain Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Malaysia dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close