Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Membangkitkan Visi Maritim Indonesia dari Mati Suri

Selasa, 12 Desember 2017 – 09:12 WIB
Membangkitkan Visi Maritim Indonesia dari Mati Suri - JPNN.COM
Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono berbicara dalam Seminar Pembekalan Putra Putri Bahari 2017 di Seskoal, Jakarta, Senin (11/12). Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Pada zaman penjajahan kebanggaan maritim bangsa Indonesia mulai memudar. Tidak ada lagi visi maritim seperti di era kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Demikian dikatakan Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono dalam Seminar Pembekalan Putra Putri Bahari 2017 di Seskoal, Jakarta, Senin (11/12).

"Sebelum reformasi, Indonesia mengedepankan doktrin darat sehingga visi maritim terus mati suri," ujarnya.

Menurut Diaz, paradigma itu terasa hingga mempengaruhi keseharian masyarakat Indonesia. Anak-anak sekolah yang diberikan kertas kosong lebih memilih menggambar gunung ketimbang laut menjadi contoh paradigma maritim yang sudah tidak lagi terlihat.

"Laut hanya menjadi sekadar tempat pembuangan sampah, tidak lagi dilihat sebagai tempat strategis," bebernya.

Diaz mengatakan, di era kepemimpinan Bung Karno, angkatan laut Indonesia masuk lima besar yang terkuat di dunia. Yang hingga sekarang belum ditingkatkan.

Untuk itu, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomitmen meningkatkan kembali kekuatan maritim Indonesia.

"Presiden memiliki visi lima pilar poros maritim Indonesia. Visi Joko Widodo yang pertama menekankan budaya maritim. Beliau selalu mengatakan kita harus mengembalikan Jalesveva Jayamahe. Dalam setiap kunjungan, beliau selalu mempromosikan budaya maritim," jelasnya.

Pada zaman penjajahan kebanggaan maritim bangsa Indonesia mulai memudar. Tidak ada lagi visi maritim seperti di era kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close