Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Diaz Hendropriyono Harap IDCTA Beri Peluang UMKM dengan Inovasi Ramah Lingkungan

Sabtu, 08 Juli 2023 – 12:40 WIB
Diaz Hendropriyono Harap IDCTA Beri Peluang UMKM dengan Inovasi Ramah Lingkungan - JPNN.COM
Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono mengunjungi IDCTA dalam rangka mendukung pencapaian target Presiden Jokowi soal emisi karbon. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono mengunjungi Indonesia Carbon Trade Association (IDCTA) dalam rangka mendukung pencapaian target Presiden Jokowi untuk mengurangi emisi karbon dan pencapaian net-zero emissions.

Diaz menyampaikan harapanya agar IDCTA mendukung pelaku usaha ramah lingkungan sehingga makin banyak yang terdorong untuk berkontribusi juga terhadap pengurangan emisi yang selaras dengan target pemerintah.

“Carbon trading bisa menjadi insentif bagi industri supaya ingin terlibat dan berkontribusi terhadap pengurangan atau penyelamatan emisi karena adanya keuntungan yang berpotensi didapatkan pelaku usaha,” ujar Diaz Hendropriyono di kantor IDCTA, Jakarta, Jumat (7/7).

Diaz berharap bantuan juga dibuka untuk pengusaha kecil skala UMKM, bukan hanya pelaku usaha besar yang bisa mendapatkan keuntungan dari adanya skema perdagangan karbon.

Sebab, pelaku usaha skala UMKM dengan inovasi ramah lingkungan memiliki potensi dalam menyelamatkan timbulan emisi karbon.

“Pelaku usaha dengan inovasi ramah lingkungan skala UMKM seharusnya dapat dibantu juga untuk memanfaatkan mekanisme perdagangan karbon ini, misalnya dibantu dalam pengukuran dan penghitungannya,” tegas Diaz.

IDCTA adalah asosiasi yang berdiri sejak 2022 yang beranggotakan sekitar 40 perusahaan. Meskipun berasal dari banyak sektor, sebagian besar anggotanya bergerak di bidang perhutanan.

Chairman IDCTA Riza Suarga pun memberikan masukan kepada Diaz, di antaranya adalah permintaan para pelaku usaha agar bisa turut membantu pemerintah mengakselerasi peluang pencapaian NDC melalui skema perdagangan karbon.

Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono mengunjungi IDCTA dalam rangka mendukung pencapaian target Presiden Jokowi soal emisi karbon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close