Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Membrane di Bawah Bulan Purnama Kapat

Senin, 01 Oktober 2012 – 03:50 WIB
Membrane di Bawah Bulan Purnama Kapat - JPNN.COM
Bulan purnama lagi mejeng dengan sangat menornya di atas langit ladang penggaraman yang luas di selatan Sampang, Madura. Orang-orang Bali merayakannya sebagai purnama kapat dengan sembahyang di pura. Orang Tionghoa sedunia merayakannya sebagai zhong jiu yue dengan saling membagi kue bulan yang terkenal itu.

Tapi, di Madura, di ladang garam ini, para petani sedang meradang: Harga garam mereka sedang jatuh-jatuhnya. "Di satu pihak harga garam turun drastis, di lain pihak ongkos angkutnya naik," ujar Haji Ulum, seorang petani garam di situ. "Tahun ini kami seperti terpukul dari kanan dan kiri," tambahnya.

Malam Minggu kemarin itu, di bawah sinar bulan purnama kapat yang menor itu, saya memang lagi weekend di Sampang. Kombinasi pancaran sinar bulan yang terang dengan langit biru yang cerah dan hamparan luas putihnya garam yang mengkristal membuat suasana malam itu seperti lagi di alam maya: tidak siang, tidak malam, tidak pagi, dan tidak senja.

Pencipta puisi seperti Taufiq Ismail pasti akan bisa menggambarkan kemayaan suasana malam itu sebagus puisinya tentang padang savana Sumba yang dibacakan penyair Umbu Landu Paranggi itu!

Bulan purnama lagi mejeng dengan sangat menornya di atas langit ladang penggaraman yang luas di selatan Sampang, Madura. Orang-orang Bali merayakannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Vina Meritokrasi

    Minggu, 26 Mei 2024 – 07:15 WIB
    Vina Meritokrasi - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Puting Beliung

    Sabtu, 25 Mei 2024 – 08:00 WIB
    Puting Beliung - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Kereta Cepat SFO-LA

    Kamis, 23 Mei 2024 – 07:07 WIB
    Kereta Cepat SFO-LA - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Kaya Lama

    Rabu, 22 Mei 2024 – 07:07 WIB
    Kaya Lama - JPNN.com
X Close