Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Memotivasi 600 Mahasiswa Unair, Firli Ungkap Formula Sukses Hingga Jadi Ketua KPK

Selasa, 20 September 2022 – 05:26 WIB
Memotivasi 600 Mahasiswa Unair, Firli Ungkap Formula Sukses Hingga Jadi Ketua KPK - JPNN.COM
Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan kuliah umum tentang antikorupsi di Universitas Airlangga Surabaya. Foto: Dok. KPK

jpnn.com, SURABAYA - Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan kuliah umum tentang antikorupsi di Universitas Airlangga Surabaya beberapa waktu lalu.

Berdiri di hadapan kurang lebih 600 mahasiswa, Firli mengupas banyak hal mulai dari akar penyebab korupsi hingga strategi dan program KPK.

Namun, di luar topik tersebut, purnawiranan polisi bintang tiga itu juga berbagi tips dan motivasi.

Sesekali dia melempar pertanyaan untuk menggugah peserta yang didominasi mahasiswa baru itu.

“Saya, kalau sudah masuk kampus begini, saya semangat, Pak. Ada energi saya. Anak-anak muda nanti ada yang jadi ketua KPK. Ada yang jadi gubernur. Ada yang jadi rector. Ada yang jadi presiden. Ada yang mau jadi presiden? (seorang peserta berdiri) Alhamdulillah, Wah, bagus,” kata Firli diikuti riuh tepuk tangan seluruh hadirin seperti dilansir dalam keterangan tertulis pada Senin (19/9).

Firli lantas menekankan pentingnya memiliki perencanaan dalam meraih impian. Dia turut membagikan tips berupa lima formula pertanyaan strategis yang mesti dijawab selama proses mewujudkan cita-cita.

“Pertama, di mana posisi adik-adik sekarang? Setelah itu harus mengingat kembali ke mana Anda ke depan, tiga tahun, empat tahun, lima tahun selesai kuliah. Ke mana setelah kuliah? Lalu apa tujuan utama kita? 10 tahun, 25 tahun, 45 tahun. Silakan direncanakan,” kata Firli.

Selanjutnya, sambung Firli, penting untuk selalu menghitung dan menjawab tantangan sekaligus hambatan yang dihadapi. Ini dilakukan mengingat tak selamanya proses berjalan mulus sesuai harapan.

Berdiri di hadapan kurang lebih 600 mahasiswa, Firli Bahuri mengupas banyak hal mulai dari akar penyebab korupsi hingga strategi dan program KPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close