Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menag: Indonesia Krisis Ulama

Senin, 06 April 2009 – 10:47 WIB
Menag: Indonesia Krisis Ulama - JPNN.COM
JAKARTA - Menteri agama Muhammad Maftuh Basyuni menegaskan bahwa saat ini umat tengah mengalami krisis ulama. Artinya, masa depan perkembangan Agama Islam di negeri ini terancam mengalami penurunan.

"Ulama-ulama kita semakin habis dan ulama-ulama inilah sebagai pewaris nabi. Kita harus bergerak, tapi cepat," tandas Menag dalam sambutannya pada Haul Al Marhumin Sesepuh dan Warga Pondok Pesantren Buntet, Cirebon.

     

Padahal di satu sisi menurut Menag, banyak persoalan keumatan yang dihadapi bangsa ini. Di antaranya, terkait persebaran Narkoba, maraknya perselingkuhan dan kasus korupsi.. "Semua itu sekarang ini sepertinya hal yang biasa jadi harus dijawab dengan pendidikan oleh ulama," tambah Menag.

     

Menurut Menag, saat ini terjadi kecendrungan banyak ulama yang berpindah profesi. Ada yang jadi anggota DPR, DPD, dan menjadi politisi. Karena itu Maftuh berharap agar pondok pesantresn dikembalikan fungsinya seperti pada masa lampau yakni agar bisa memproduksi ulama-ulama baru yang berkualitas. "Saya mohon dengan sangat, saya tahu persis bahwa di sejumlah pondok masih banyak kyai-kyai yang potensial. Saya melihat ada potensi yang luar biasa," terang dia.

     

JAKARTA - Menteri agama Muhammad Maftuh Basyuni menegaskan bahwa saat ini umat tengah mengalami krisis ulama. Artinya, masa depan perkembangan Agama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA