Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menaker Ida Sebut Kolaborasi Indonesia-Jepang jadi Kunci Perkuat Posisi Kedua Negara

Jumat, 06 September 2024 – 14:51 WIB
Menaker Ida Sebut Kolaborasi Indonesia-Jepang jadi Kunci Perkuat Posisi Kedua Negara - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menegaskan kolaborasi antara Indonesia dan Jepang semakin penting di tengah perubahan besar. Foto: Kemnaker

jpnn.com, TOKYO - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menegaskan kolaborasi antara Indonesia dan Jepang semakin penting di tengah perubahan besar dalam ketenagakerjaan global.

Menurut dia, kolaborasi itu sebagai kunci memperkuat posisi kedua negara di tengah persaingan global yang ketat.

Menaker Ida menjelaskan Indonesia saat ini memiliki keuntungan dari bonus demografi.

Jumlah penduduk usia produktif meningkat, sedangkan Jepang menghadapi tantangan kekurangan tenaga kerja akibat populasi yang menua.

"Perbedaan ini membuka peluang besar untuk saling membantu. Program Specified Skilled Workers (SSW) bisa menjadi solusi bagi Jepang yang membutuhkan tenaga kerja muda dan terampil, sementara Indonesia memiliki sumber daya manusia yang siap bekerja," ujar Ida di sela acara Indonesia-Japan Human Resources Forum (HR Forum) 2024.

Program SSW ini juga mendukung strategi sembilan lompatan ketenagakerjaan Indonesia, yang bertujuan memperluas pasar tenaga kerja luar negeri dan meningkatkan keterampilan pekerja Indonesia.

"Pekerja kita tidak hanya mendapat kesempatan bekerja di luar negeri, tetapi memperoleh keterampilan yang berharga untuk karier mereka di masa depan," tambahnya.

HR Forum ini juga membahas empat langkah utama: penyebaran informasi pekerjaan di Jepang, membangun platform diskusi antara kedua negara, pendidikan bahasa Jepang, dan pelatihan keterampilan.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menegaskan kolaborasi antara Indonesia dan Jepang semakin penting di tengah perubahan besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA