Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendag Beberkan Kelemahan Sistem Pertanian Cabai di Indonesia

Senin, 18 Maret 2024 – 06:00 WIB
Mendag Beberkan Kelemahan Sistem Pertanian Cabai di Indonesia - JPNN.COM
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membeberkan penyebab kenaikan harga cabai di Indonesia yang terus berulang setiap tahun. Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membeberkan penyebab kenaikan harga cabai di Indonesia yang terus berulang setiap tahun.

Menurut Zulhas, Indonesia harus memiliki sistem pertanian cabai yang tidak terpengaruh oleh cuaca guna mencegah kegagalan panen agar harga tetap stabil.

"Cabai biasa (naik), karena kita belum ada sistem menanam cabai yang green house itu. Ada, tetapi belum banyak, sehingga akan sangat tergantung pada musim atau cuaca," ujar Zulkifli di Jakarta, Minggu (17/3).

Zulkifli menyebutkan kegagalan panen dapat memberikan dampak pada mahalnya harga cabai di berbagai tempat. Sebab, permintaan yang banyak tidak diimbangi dengan ketersediaan yang memadai.

"Kalau hujan terus-menerus dan lebat, panen gagal. Kalau panen sedikit, permintaannya banyak, harga naik," katanya.

Mendag berharap Kementerian Pertanian atau lembaga terkait lainnya dapat mengembangkan sistem pertanian terutama untuk cabai agar tidak terpengaruh dengan cuaca.

Namun, Zulkifli mengatakan ketersediaan barang kebutuhan pokok selama Ramadan dan menjelang Idulfitri terpantau aman dan harga yang cenderung stabil.

Harga telur ayam terpantau berkisar antara Rp 29 ribu - Rp 31 ribu, jagung pakan ternak berada di harga Rp 5.000 an daging ayam Rp 39 ribu-Rp 40 ribu.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membeberkan penyebab kenaikan harga cabai di Indonesia yang terus berulang setiap tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close