Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendag : Cairns, Kurangi Kesenjangan Anggota WTO

Kamis, 11 Juni 2009 – 15:50 WIB
Mendag : Cairns, Kurangi Kesenjangan Anggota WTO - JPNN.COM
JAKARTA- Cairns Group Ministerial Meeting (CGMM) ke-33 yang berlangsung di Bali pada 7-9 Juni 2009 lalu, berhasil menyepakati Komunike Bali yang menyerukan untuk segera diselesaikannya perundingan Putaran Pembangunan Doha.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, hasil Doha sangat diperlukan untuk mendorong pembangunan khususnya di negara berkembang serta untuk mencegah proliferasi proteksionisme yang justru semakin memperparah krisis ekonomi global.

“Pertemuan Tingkat Menteri Kelompok Cairns ini adalah pertemuan informal di  tingkat menteri pertama sejak Davos dan merupakan awal yang baik untuk kembali berunding sehingga dapat mengurangi kesenjangan yang ada di antara negara anggota World Trade Organization (WTO),” ungkap dia, Kamis (11/6).

Dikatakan, hasil perundingan di sektor pertanian merupakan salah satu syarat terciptanya sistem perdagangan multilateral yang adil dan seimbang. Sektor pertanian merupakan sektor paling distortif dimana negara maju masih memberikan subsidi dalam jumlah yang sangat besar kepada petaninya.

JAKARTA- Cairns Group Ministerial Meeting (CGMM) ke-33 yang berlangsung di Bali pada 7-9 Juni 2009 lalu, berhasil menyepakati Komunike Bali yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA