Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendag Klaim Stok Bahan Pangan di Lebaran 2024 Aman, Harga Bagaimana?

Selasa, 26 Maret 2024 – 07:54 WIB
Mendag Klaim Stok Bahan Pangan di Lebaran 2024 Aman, Harga Bagaimana? - JPNN.COM
Pemerintah mengklaim bahwa stok barang kebutuhan pokok untuk menghadapi Lebaran 2024 aman. Foto: Cuci Hati/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengklaim bahwa stok barang kebutuhan pokok untuk menghadapi Lebaran 2024 aman.

Zulhas sapaan karibnya bahkan menyampaikan, masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan bahan pokok (bapok) karena stoknya lebih dari cukup.

Namun, apabila tiap daerah mengalami kenaikan harga, pemerintah daerah diimbau menggunakan dana belanja tidak terduga (BTT) untuk menyubsidi biaya distribusi ke wilayahnya.

"Stok cukup banyak, beras panen raya, dan harga cabai mulai turun karena stok banyak," ujar Zulkifli dikutip, Selasa (26/3).

Mendag juga mengimbau pelaku usaha mempersiapkan penambahan pasokan dan stok untuk mengantisipasi peningkatan permintaan.

Ketua Umum PAN itu juga meminta seluruh pelaku usaha untuk mengambil keuntungan secara wajar dan tidak melakukan spekulasi harga dan penimbunan, serta tetap memenuhi kewajiban domestic market obligation (DMO) bagi asosiasi dan produsen minyak goreng.

Saat ini, kata Zulhas, Kementerian Perdagangan telah bekerja sama dengan dinas yang membidangi perdagangan di seluruh Indonesia untuk terus memantau perkembangan ketersediaan dan harga bapok secara daring dan harian.

Pemantauan dilakukan melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) di lebih dari 550 pasar rakyat yang tersebar di 503 kabupaten/kota di 38 provinsi seluruh Indonesia.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengklaim bahwa stok barang kebutuhan pokok untuk menghadapi Lebaran 2024 aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close