Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendag Zulkifli Hasan Lepas Ekspor Produk Alas Kaki Senilai Rp 6,50 Miliar di Salatiga

Senin, 29 Juli 2024 – 22:56 WIB
Mendag Zulkifli Hasan Lepas Ekspor Produk Alas Kaki Senilai Rp 6,50 Miliar di Salatiga - JPNN.COM
Mendag Zulkifli Hasan melepas ekspor tiga kontainer produk alas kaki dengan merek Nike senilai USD 405 ribu atau setara Rp 6,50 miliar ke Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) di Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (26/7). Foto: Supplied

jpnn.com, SALATIGA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah terus mendorong usaha-usaha dalam negeri untuk terus meningkatkan kemampuan ekspor sebagai upaya Indonesia menguasai pasar dunia. Salah satunya melalui diplomasi perdagangan yang intens.

Hal ini disampaikan Mendag Zulhas saat melepas ekspor tiga kontainer produk alas kaki dengan merek Nike senilai USD 405 ribu atau setara Rp 6,50 miliar ke Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) di Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (26/7).

Produk alas kaki tersebut merupakan hasil produksi PT Selalu Cinta Indonesia (SCI), anggota Karet Murni Kencana (KMK) Group.

“Pemerintah terus mendukung usaha-usaha dan industri kita dengan berbagai cara agar mereka dapat terus meningkatkan kemampuan ekspor. Pabrik alas kaki yang padat karya seperti pabrik produsen Nike ini kami dorong untuk terus meningkatkan ekspor. Pemerintah juga terus mendorong peningkatan ekspor melalui diplomasi perdagangan yang intens. Di sisi lain, untuk melindungi industri dalam negeri, kami juga menempuh sejumlah langkah mengatasi serbuan produk-produk impor,” kata Zulkifli.

Mendag Zulkifli Hasan menambahkan pelepasan ekspor alas kaki hari ini juga menjadi bukti kolaborasi pemerintah dan swasta dalam mendorong industri manufaktur yang berorientasi ekspor sebagai bagian dari rantai pasok global.

Indonesia merupakan eksportir alas kaki terbesar ke-6 dunia. Tren pertumbuhan ekspor alas kaki Indonesia ke dunia meningkat 13,13 persen dalam lima tahun terakhir (2019-2023).

Mendag Zulkifli juga mengapresiasi PT SCI sebagai pabrik sepatu untuk pasar internasional pertama yang melakukan ekspansi ke Jawa Tengah dan menyerap hampir 20 ribu tenaga kerja. Ekspor produk-produk SCI juga telah menjangkau 57 negara.

Selain itu, Mendag Zulhas turut mengapresiasi Nike Indonesia yang telah menjalin kemitraan dengan beberapa perusahaan manufaktur di Indonesia.

Mendag Zulkifli Hasan melepas ekspor tiga kontainer produk alas kaki dengan merek Nike senilai USD 405 ribu atau setara Rp 6,50 miliar ke Uni Eropa dan AS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA