Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendikbud Nadiem Jamin Soal Ujian CPNS 2019 Disusun Secara Profesional

Senin, 13 Januari 2020 – 13:46 WIB
Mendikbud Nadiem Jamin Soal Ujian CPNS 2019 Disusun Secara Profesional - JPNN.COM
Kepala BKN Bima Haria Wibisana, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, dan Mendikbud Nadiem Makarim diapit para pejabat eselon 1. Foto: humas kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dipercaya menyusun soal CPNS 2019 untuk tahap seleksi kompetensi dasar (SKD).

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, sebagai salah satu instrumen penting dalam menjaring calon ASN yang berkelas dunia, penyusunan soal SKD tahun 2019, dilaksanakan melalui beberapa tahapan dan dengan melibatkan berbagai pihak profesional.

Penyusunan kisi-kisi soal SKD tahun 2019 diawali dengan proses evaluasi soal dan kisi-kisi SKD tahun 2018. Dalam prosesnya, penyusunan soal SKD tahun 2019 menggunakan aplikasi yang difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Negara.

“Selanjutnya untuk memastikan soal yang telah disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, telah dilakukan telaah bahasa oleh para ahli bahasa dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. Jadi soal ujian CPNS ini disusun oleh tim profesional,” tutur Mendikbud Nadiem di Jakarta, Senin (13/1).

Soal SKD CPNS 2019 diserahkan Mendikbud kepada Panselnas, yaitu MenPAN-RB selaku Ketua Tim Pengarah Panselnas untuk selanjutnya dapat digunakan dalam Seleksi Pengadaan CPNS Tahun 2020 di lingkungan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Dalam sambutannya, Nadiem juga menyatakan komitmen Kemendikbud untuk selalu dapat membantu proses pengadaan CPNS secara akuntabel dan transparan.

Hal tersebut dilakukan agar dari hasil seleksi dapat diperoleh calon-calon ASN yang berintegritas, nasionalis, profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki jiwa keramahtamahan (hospitality), memiliki kemampuan membangun jejaring (networking), dan memiliki jiwa wirausaha (entrepreneurship), atau yang biasa disebut dengan Smart ASN.

Penyusunan soal SKD sendiri, melibatkan unsur dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-0RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dipercaya menyusun soal CPNS 2019 untuk tahap seleksi kompetensi dasar (SKD).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close