Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendikbud Nadiem: PBNU Telah Berkontribusi Nyata Dalam Pembangunan Pendidikan Nasional

Kamis, 02 Juli 2020 – 17:59 WIB
Mendikbud Nadiem: PBNU Telah Berkontribusi Nyata Dalam Pembangunan Pendidikan Nasional - JPNN.COM
Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memberikan apresiasi terhadap lembaga pendidikan di bawah pembinaan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang telah berkontribusi nyata dalam pembangunan pendidikan nasional.

“Menurut saya tidak mungkin visi presiden mengenai SDM unggul dan misi Merdeka Belajar tercipta tanpa partisipasi dari PBNU,” kata Mendikbud Nadiem dalam Silaturahmi PBNU dan Kemendikbud dengan tema “Memperkuat Mutu Pendidikan Kita” melalui Webinar, Selasa (30/6).

Menurut Nadiem, Kemendikbud tidak mungkin dapat melakukan kerja pembangunan pendidikan nasional sendirian. Kerja sama dengan berbagai mitra pendidikan mutlak dilakukan, khususnya dengan besarnya cakupan pendidikan yang ada di Indonesia.

“Filsafat pemikiran kami berubah total. Kita akan bermitra dengan berbagai macam organisasi swasta, organisasi nirlaba, organisasi mancanegara, dan juga berbagai macam organisasi atau platform teknologi. Semuanya bisa menjadi mitra, dan inilah cara kita kembali ke filsafat gotong royong,” ujarnya.

Menurut Nadiem, Indonesia cukup berhasil dalam memberikan akses pada layanan pendidikan kepada setiap anak. Namun, yang belum dilakukan adalah memastikan apakah mereka masuk sekolah benar-benar belajar atau tidak.

Mutu pendidikan tercermin pada kualitas lulusan sebuah institusi pendidikan. Karakter lulusan yang memiliki kecakapan sosial, kreativitas, moralitas, spiritualisme, kemandirian, kemampuan bernalar dan memecahkan masalah, serta kemampuan berkolaborasi.

“Ini adalah profil pelajar Pancasila yang menjadi tujuan utama semua program Merdeka Belajar,” tandasnya.

Pada kesempatan sama, Ketua LPTNU Prof Mohammad Nasir menyampaikan salah satu tugasnya untuk mengembangkan perguruan tinggi di bawah naungan NU.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim memberikan apresiasi terhadap lembaga pendidikan di bawah pembinaan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang telah berkontribusi nyata dalam pembangunan pendidikan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close