Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengantisipasi Lonjakan Pemudik, Kemenhub Menyiapkan Tambahan Pelabuhan

Sabtu, 25 Maret 2023 – 07:10 WIB
Mengantisipasi Lonjakan Pemudik, Kemenhub Menyiapkan Tambahan Pelabuhan - JPNN.COM
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3/2023) (ANTARA/Avra Augesty)

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyiapkan tambahan pelabuhan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada angkutan Lebaran 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyiapkan tambahan pelabuhan sebagai titik keberangkatan agar tidak hanya berpusat di Pelabuhan Merak, Banten.

Budi menjelaskan bahwa Pelabuhan Ciwandan, Banten, milik Pelindo, akan difungsikan sebagai pelabuhan tambahan untuk mengurai kepadatan penyeberangan di Pelabuhan Merak.

"Di Merak selama ini ada tujuh pelabuhan, dan sekarang ini ada tambahan lima pelabuhan di Ciwandan,” kata Budi dalam keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3).

Selain itu, Pelabuhan Indah Kiat Cilegon, dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya di Bandar Lampung, menjadi alternatif untuk mengurai lalu lintas kendaraan di Bakauheni.

Pada angkutan Lebaran tahun ini, Menhub Budi melaporkan potensi kenaikan jumlah pemudik dalam rapat terbatas soal arus mudik di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat.

"Kami melaporkan bahwa terjadi satu kenaikan jumlah saudara-saudara kita yang mudik, dari 85 juta menjadi 123 juta orang," ungkap Budi.

Dia menyebutkan jumlah pemudik diprediksi meningkat dari 14 juta menjadi 18 juta untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kemenhub menyiapkan tambahan pelabuhan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada angkutan Lebaran 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close