Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Mengejutkan! Ada 113 Pasien HIV/Aids Baru yang Muncul

Senin, 16 Desember 2019 – 17:58 WIB
Mengejutkan! Ada 113 Pasien HIV/Aids Baru yang Muncul - JPNN.COM

jpnn.com, MADIUN - Komisi Penanggulangan HIVAIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, telah menemukan sebanyak 113 kasus baru penderita HIV/AIDS di wilayah setempat.

Jumlah itu tercatat selama bulan Januari hingga pertengahan Desember 2019.

"Dari jumlah tersebut, selama pertengahan Desember ini saja sudah ada sembilan kasus HIV/AIDS baru yang ditemukan KPAD bersama tim lainnya," ujar Sekretaris KPAD Kabupaten Madiun, Agrim Kurnia di Madiun, Senin.

KPAD memerinci, dari 113 temuan baru tersebut, sebanyak 109 kasus merupakan penderita HIV dan empat kasus lainnya merupakan penderita AIDS.

Menurut dia, kasus HIV/AIDS di wilayahnya merupakan fenomena "gunung es". Di mana, kasus yang terungkap hanyalah bagian luarnya saja.

Sedangkan, sejatinya kasus di dalamnya yang belum terungkap masih sangat banyak. Hal itu membuat jumlah temuan HIV/AIDS di Kabupaten Madiun terus bertambah setiap tahunnya.

Pihaknya sangat memahami, sebab untuk mendeteksi kasus HIV/AIDS dibutuhkan kesadaran dari penderitanya bersedia melakukan pemeriksaan.

Karena itu, KPAD bersama tim relawan dan LSM peduli AIDS di tahun mendatang akan lebih intensf lagi melakukan pendampingan terhadap komunitas yang dinilai memiliki risiko tinggi tertular HIV/AIDS.

loading...