Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menggagas Wisata Kota Lama Surabaya

Rabu, 31 Januari 2018 – 06:25 WIB
Menggagas Wisata Kota Lama Surabaya - JPNN.COM
Freddy H. Istanto (kanan) salah satu pembicara dalam diskusi Menggagas Kota Lama Surabaya.

jpnn.com, SURABAYA - Pemkot Surabaya punya keinginan besar menjadikan wilayah Surabaya Utara sebagai wisata kota lama. Namun, upaya untuk merealisasikan niat tersebut ternyata tak semudah bayangan. Cagar budaya dan monumen yang bisu ternyata tak cukup menarik minat turis.

Hal itu dibahas dalam diskusi Menggagas Wisata Kota Lama di Surabaya yang berlangsung di kantor Radar Surabaya kemarin (30/1). Acara itu dilangsungkan sekaligus menandai peresmian kantor di Jalan Kembang Jepun 167 itu sebagai art gallery.

Anggota tim ahli cagar budaya Pemkot Surabaya Purnawan Basundoro menuturkan, usaha pemerintah kota hingga komunitas untuk mengangkat daya tarik sejarah belum membuahkan hasil optimal. Salah satu penyebabnya adalah peninggalan cagar budaya itu dibiarkan menjadi sekadar saksi bisu sejarah.

''Membuka cagar budaya di Surabaya itu langkah awal yang bagus. Misalnya, kantor yang sekarang dibuka menjadi art gallery ini. Tapi, membukanya untuk akses umum saja tidak akan cukup,'' ungkapnya.

cagar budaya memang tak bisa bertahan kalau hanya dinilai dari sisi budaya. Harus diangkat menjadi wisata supaya mendatangkan profit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Kota Tua 
BERITA LAINNYA
X Close