Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengunjugi Israel: Antara Diculik Hamas dan Dicekik Netanyahu

Rabu, 06 April 2016 – 09:26 WIB
Mengunjugi Israel: Antara Diculik Hamas dan Dicekik Netanyahu - JPNN.COM
TAK TERJANGKAU: Tawaran penjualan apartemen dengan harga yang termasuk mahal di pusat Kota Tel Aviv, Kamis (31/3). Foto kanan, Hila Fenlon menunjukkan jenis roket pertama yang mendarat di belakang rumahnya 20 tahun lalu, Selasa (29/3).

jpnn.com - Ada orang Amerika di Amerika Serikat, ada orang Indonesia di Indonesia, tapi tak ada orang Israel di Israel. 

 

ABDUL ROKHIM, Tel Aviv 

————————

KALIMAT membingungkan itu dilontarkan Wahid Shammas, warga Arab Israel, saat mendampingi Jawa Pos menyusuri area Masjidilaqsa di kawasan kota tua Jerusalem, Senin pagi (28/3). 

Sadar kata-katanya sulit dipahami, Shammas kemudian mengeluarkan kartu tanda penduduk (KTP) dari kantongnya. Terlihat di bawah kolom kebangsaan (dalam bahasa Ibrani, leam) terisi kata Arab ’’Jika saya Yahudi, kolom ini diisi Yahudi,’’ katanya. 

Lantas, kolom warga negara Israel di mana? ’’Tidak ada,’’ tegasnya. 

Rasanya ingin tanya lebih lanjut, tapi saat itu sudah sampai di situs sidratul muntaha (tempat Nabi Muhammad diangkat ke langit dalam momen suci Isra Mikraj). Shammas pun langsung ganti topik untuk menunaikan kewajibannya, menjelaskan keutamaan tempat tersebut. 

Ada orang Amerika di Amerika Serikat, ada orang Indonesia di Indonesia, tapi tak ada orang Israel di Israel.    ABDUL ROKHIM, Tel Aviv 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close