Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menjalankan Amanat Jokowi, Erick Thohir Bekerja Nyata Bersih-Bersih BUMN

Kamis, 21 September 2023 – 18:45 WIB
Menjalankan Amanat Jokowi, Erick Thohir Bekerja Nyata Bersih-Bersih BUMN - JPNN.COM
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

jpnn.com - JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menjalankan amanah yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan luar biasa. Hal itu terbukti dari keberhasilan program bersih-bersih yang dilakukan oleh eks presiden Inter Milan tersebut di lingkungan Kementerian BUMN.

Erick Thohir mengatakan bersih-bersih BUMN tidak hanya berupa pengungkapan dan penindakan kasus korupsi di perusahaan – perusahaan pelat merah. 

Namun, program ini juga termasuk dalam perbaikan sistem manajemen perusahaan agar korupsi serupa tidak kembali terjadi.

"Sejak awal saya bilang, bahwa ketika saya dipercaya, diberi amanah oleh Bapak Presiden sebagai pembantu beliau untuk mentransformasi BUMN, dan saya katakan harus ada program bersih BUMN," kata Erick Thohir, dalam keterangannya dikutip Kamis (21/9).

Untuk menunjang program tersebut, Erick Thohir mengubah budaya di internal BUMN dengan memperkenalkan nilai-nilai AKHLAK. Nilai tersebut berisi tentang Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif, menjadi upaya dalam mewujudkan BUMN yang taat pada asas Good Corporate Governance.

Berkat itu, Erick Thohir berhasil membongkar korupsi di BUMN yang merugikan negara dalam jumlah besar, seperti Jiwasraya, ASABRI, dan Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast dan Pelindo.

Terbaru, dia bersama Kejaksaan Agung berhasil mengusut tuntas dugaan korupsi dana pensiun karyawan BUMN. 

Selain itu yang sedang hangat dibicarakan terkait mantan Dirut PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan yang kini berstatus tersangka di KPK. 

Erick Thohir menjalankan amanah yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu terbukti dari keberhasilan program bersih-bersih yang dilakukan Erick

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close