Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menlu Anyar Jepang Lebih Tegas

Hasil "Kocok Ulang" Kabinet

Sabtu, 18 September 2010 – 06:21 WIB
Menlu Anyar Jepang Lebih Tegas - JPNN.COM
TOKYO - Pemerintahan Perdana Menteri (PM) Naoto Kan mengambil langkah berani untuk menghadapi ketegangan diplomatik dengan Tiongkok soal sengketa wilayah di Laut China Selatan. Kan mengganti Menteri Luar Negeri (Menlu) Katsuya Okada dengan sosok yang dikenal lebih tegas dalam berdiplomasi, Seiji Maehara.

Maehara (48), dikenal sebagai politisi ambisius yang selalu menjaga harga diri bangsa dalam berbagai kebijakannya. Sebelumnya dia menjabat menteri transportasi dan pertanahan sejak setahun lalu tatkala Partai Demokratik Jepang (DPJ) berhasil menumbangkan dominasi LDP.

Sejumlah pihak yakin, sifat Maehara yang "tinggi hati" akan terus dipertahankan dalam menghadapi memburuknya hubungan diplomatik dengan Tiongkok. Itu terkait dengan kasus tabrakan kapal nelayan Tiongkok dengan dua kapal patroli Jepang, di wilayah sengketa.

"Tidak ada masalah perbatasan teritorial di Laut China Selatan, apa pun bentuknya," ujarnya sebelum menginspeksi dua kapal patroli laut di Pulau Ishigaki, tempat kapten kapal nelayan Tiongkok ditahan. "Kami harus mengambil langkah yang kaku dan tegas dalam menghadapi ancaman apa pun terhadap kedaulatan Jepang," tegas dia.

TOKYO - Pemerintahan Perdana Menteri (PM) Naoto Kan mengambil langkah berani untuk menghadapi ketegangan diplomatik dengan Tiongkok soal sengketa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close